Langsung ke konten utama

  

Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Jum'at, 23 mei 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : P5


 Tema P5             :   Kewirausahaan

 *Capaian Penbelajaran P5 

  Peserta didik mampu memahami suatu potensi ekonomi dan peluang usaha di sekitar sekolah 

 *Tujuan Pembelajaran

    Peserta didik  dapat  mengidentifikasi potensi ekonomi dan peluang usaha di sekitar sekolah dengan baik dan benar


* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍


*Media Pembelajaran : Buku paket dan video

* Materi Ajar

P5 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 


  Let’s check this video

                                  


 
    P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.

    P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
 " Ecoprint   " 
    
    P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentangKewirausahaan Melalui tema Kewirausahaan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan 




Dimensi yang di tanamkan dalam kegiatan P5 tema kewirausahaan ini adalah 
gotong royong, bernalar kritis dan kreatif

P5 bertujuan untuk mendorong tercapainya profil pelajar Pancasila dengan menggunakan paradigma baru melalui pembelajaran berbasis projek. 
Melalui projek ini, siswa diharapkan mempunyai kreativitas, menambah wawasan, budaya kewirausahaan, serta mampu melihat peluang di masa depan.
Untuk contoh modul P5 kewirausahaan lengkap untuk fase A Kurikulum Merdeka
Masih dikutip dari laman Merdeka Mengajar, secara keseluruhan ada enam fase pembelajaran dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang berlaku di tingkat pendidikan dasar (SD) hingga menengah (SMP, SMA, SMK). Untuk fase C sendiri merupakan tahapan di kelas 5 dan 6 SD.
Salah satu tema yang direkomendasikan oleh Kemdikbud untuk projek P5 di kelas 5 dan 6 SD adalah Kewirausahaan. Dalam pembuatan modul ini, guru dapat mengembangkan tema tersebut menjadi beragam topik kegiatan proyek yang diselaraskan dengan konteks lingkungan maupun kondisi siswa.

Latar Belakang Projek: 

Modul projek wirausaha mainan kesukaanku sebagai acuan dalam merancang kegiatan projek. Modul ini diharapkan dapat membantu menguatkan profil pelajar pancasila di jenjang SD.

Deskripsi Projek:

Projek ini adalah projek wirausaha membuat mainan yang mengacu pada dimensi Profil Pelajar Pancasila. Projek ini diharapkan dapat membentuk siswa yang memiliki kesadaran terhadap fenomena perubahan gaya bermain anak masa kini yang ada di lingkungannya dan membangun kesadaran tentang dampak negatif terlalu lama bermain gadget.

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengenalkan fenomena perubahan gaya bermain anak masa kini yang ada di lingkungannya, serta sebab akibatnya terhadap lingkungan (knowledge building). Diikuti dengan meningkatkan kesadaran siswa (raise awareness) melalui eksplorasi jenis permainan sederhana yang mudah dibuat oleh siswa.

Dilanjutkan dengan langkah kontekstualisasi dimana siswa melakukan kegiatan survei pasar dan mengeksplorasi jenis mainan yang disukai anak – anak di lingkungan sekolah atau di rumah (critical inquiry).

Langkah ketiga adalah melakukan aksi. Siswa mengumpulkan data, mengolah data dan merancang ide membuat mainan berdasarkan hasil survei pasar tentang mainan yang disukai anak- anak (business plan)

Pada langkah ini, siswa akan membuat produk mainan sederhana, strategi penjualan, survei pasar, dan penjualan produk mainan tersebut. Siswa juga akan mendapatkan evaluasi dari teman, guru, dan orang tua.

Dengan menjalankan projek ini, terdapat beberapa dimensi profil pelajar pancasila yang dapat dibentuk yaitu gotong royong, mandiri dan kreatif.

Tujuan Projek:

Menguatkan profil pelajar pancasila pada pelajar, seperti bergotong royong mandiri, dan kreatif.

Membangun kesadaran siswa terhadap fenomena perubahan gaya bermain anak masa kini

Membuat permainan sederhana sebagai pengganti permainan yang mengandalkan gadget (game online)

Membangun kesadaran dampak negatif dari bermain dengan permainan gadget

Dimensi: Gotong royong, mandiri, kreatif

Elemen: 

Kolaborasi

Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

Capaian Pada Fase:

Menunjukkan ekspektasi (harapan) positif kepada orang lain dalam rangka mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar (sekolah dan rumah).

Melakukan refleksi untuk mengidentifikasi faktor-faktor di dalam maupun di luar dirinya yang dapat mendukung/menghambatnya dalam belajar dan mengembangkan diri serta mengidentifikasi cara-cara untuk mengatasi kekurangannya.

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaan sesuai dengan minat dan kesukaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi dan mengkritisi karya dan tindakan yang dihasilkan.

Aktivitas Terkait:

Siswa berkolaborasi dengan siswa lainnya dalam kelompok untuk melakukan pengamatan fenomena gaya bermain masa kini, melakukan survei pasar, wawancara, mengolah hasil survei, menuliskan laporan dan mengkomunikasikan hasil survei dan menentukan keinginan pasar, melakukan uji coba serta menyusun strategi penjualan.

Siswa merefleksi dengan mengenali diri dan mengenali kebersamaan dalam kelompoknya serta permasalahan dan situasi yang dihadapi. Siswa dapat mengungkapkan pengalaman belajarnya terkait dengan apa yang sudah dilakukan, yang harus dilakukan, dan keberhasilan yang didapatkan melalui projek ini.

Siswa menentukan dan membuat karya mainan yang paling diminati dari hasil survei pasar, melakukan uji coba dan memasarkan produk nya hingga menerima pemesanan dari teman-temannya atau warga sekolah lainnya.


1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8

Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", https://tirto.id/gyCS

5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫
 
🌼Sebutkan enam dimensi yang terdapat pada P5?
 
🌼Sebutkan 3 contoh kegiatan kewirausahaan yang kamu pahami?

🌼Jika saat ini kamu memiliki peluang usaha disekitar mu, kegiatan apa yang akan kamu lakukan untuk menghasilkan uang?

🌸dan kerjakan lalisba halaman 26-27🌸

-Selamat Mengerjakan-




6. Penutup

    Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran Kesimpulan P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...