MATEMATIKA dan P5
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : Kamis, 8 mei 2025
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : MATEMATIKA dan P5
*Capaian Pembelajaran MATEMATIKA :
P. Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari
*Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA :
Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari.
*Capaian Pembelajaran P5 :
Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait
*Tujuan Pembelajaran P5 :
Menguatkan profil pelajar Pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada kewirausahaan disekitar peserta didik
* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning my lovely students. How are you this morning?
* Materi Ajar:
Matematika
Kegiatan Inti
*Evaluasi dan refleksi:
Materi ajar P5:
* Materi Ajar
P5
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
1. Teknik Pounding
Pounding printing adalah teknik pembuatan motif pada kain dengan cara dipukul. Proses pengerjaan kain dengan teknik ini bisa dibilang menjadi yang paling sederhana. Oleh karena itulah, banyak orang yang memilih menggunakan teknik pounding.
Teknik pounding ini bisa dilakukan dengan cara meletakkan beberapa bunga atau daun di atas kain. Kemudian setelahnya bisa langsung dipukul menggunakan palu.
2. Teknik Steaming
Teknik steaming ini dilakukan dengan cara mengukus daun atau bunga pada lembaran kain yang sudah ditempeli ornamen tumbuhan tersebut. Umumnya, orang-orang akan menggunakan sepotong pipa kecil untuk menggulung kain agar desain yang dibuat tidak hilang.Baru setelahnya dililitkan benang atau tali di sepanjang gulungan kain untuk menahan posisinya agar tidak terlepas. Proses steaming ini sendiri berlangsung selama dua jam agar pigmen pada tanaman bisa keluar secara maksimal. 5. Evaluasi 💫 Kerjakan soal berikut dengan benar! 💫 🌼 Sebutkan bahan bahan membuat ecoprint?
Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk ecoprint antara lain:, kain, palu kayu, bubuk tawas, plastik Biji-bijian, Kertas, Bunga, daun daunan. Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga bisa membeli paket bahan ecoprint yang sudah lengkap, seperti:- Paket ecoprint kain, bubuk tawas plastik dan palu kayu
- Set kain dan palu kayu
- Set paket ecoprint anak DIY kit
- Manik bulat pastel kilap mote susu kilap
- Clay resin karakter Sanrio
Ecoprint adalah kegiatan membuat karya dari bentuk benda dengan menggunakan seutas benang. Hasil dari kegiatan meronce dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti perhiasan, hiasan jendela, dan alat ibadah.
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran Kesimpulan P5 adalah
- Paket ecoprint kain, bubuk tawas plastik dan palu kayu
- Set kain dan palu kayu
- Set paket ecoprint anak DIY kit
- Manik bulat pastel kilap mote susu kilap
- Clay resin karakter Sanrio
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran Kesimpulan P5 adalah





Komentar
Posting Komentar