Langsung ke konten utama

           

B. Indonesia dan SBDP


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia



*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :

Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya;

Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari.


*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia : 

-Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma 

-Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana

*Capaian Pembelajaran SBDP :

Peserta didik Mengenalimengidentifikasidan menerapkanprinsip desain(poladalam sebuah karya. yaitu karya dua dimensi dan tiga dimensi

*Tujuan Pembelajaran SBDP : 

Mengenali mengindentifikasi dan menggunakan elemen rupa (garis dan warna) dalam sebuah karya

* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍❤️

Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu "hobi yang aku gemari" 
nah untuk pembelajaran selanjutnya adalah kita akan mempelajari mengenai prestasi yang dapat diraihh dengan menekuni hobi kita tersebut.


*Media Pembelajaran : Buku paket dan video
* alat peraga : gambar pada buku
(LKPD )

* Materi Ajar:

B. Indonesia: 


Bab 8  "Hobi yang menjadi prestasi"


Kegiatan pembuka:

-Pendidik dan peserta didik berdoa

-pendidik menjelaskan tujuan pembelajaran

-apersepsi dengan menanyakan kabar dan ice breaking

-pendidik mengajak peserta didik mem




Kegiatan inti:



Lagu anak "hobiku
"✨

Pada pembelajaran kali ini kita akan memepelajari arti kata baru dengan bantuan gambar
"Hobiku"

Hobi atau minat (interest) adalah aktivitas atau kegiatan yang seseorang lakukan secara sukarela di waktu luang dan yang memberikan kepuasan atau kesenangan bagi dirinyaHobi bisa sangat beragam, mulai dari yang sederhana seperti membaca atau mendengarkan musik, hingga yang lebih kompleks seperti bermain musik, melukis, atau menulis. 


perhatikan latihan soal pada vidio berikut untuk menambah wawsanmu




"Lagu anak indonesia hebat"


* materi ajar: SBDP

" Karya dua dimensi"


setelah menyeaksikan vidio diatas maka peerta didik dapat memebadakan kayra 2 dan 3 dimensi yang ada di sekitarnya

Karya dua dimensi (2D) adalah karya seni yang hanya memiliki dua dimensi, yaitu panjang dan lebar, tanpa dimensi ruang atau kedalamanKarya ini hanya dapat dilihat dari satu arah, biasanya dari depan. Contohnya adalah lukisan, gambar, ilustrasi, dan seni grafis. 
Lebih detail, karya seni rupa 2D memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Hanya memiliki panjang dan lebar: Tidak memiliki dimensi ruang atau ketebalan. 
  • Dapat dilihat dari satu arah: Hanya dapat dilihat dari sisi depan. 
  • Digambar atau dibuat di permukaan datar: Seperti kertas, kanvas, atau dinding. 
  • Tidak memiliki volume: Tidak memiliki kesan tiga dimensi. 
  • Contoh-contohnya: Lukisan, gambar, ilustrasi, seni grafis, foto, dan tenunan. 
Seni rupa 2D menggunakan berbagai unsur dan teknik untuk menciptakan kesan visual yang menarik dan bermakna. Prinsip-prinsip seperti kesatuan, keseimbangan, proporsi, irama, pusat perhatian, dan kontras digunakan untuk menciptakan karya seni yang harmonis dan dinamis. 

*penugasan:
" menegrjakan lembar soal (lembar ulangan) yang telah diberikan kepada  peserta didik sebagai acuan dan referensi menjelang ulangan"


*dokumentasikan kegiatan mengisi soal tersebut di bantu orang tua*





5.  Evaluasi  
B. INDONESIA

       

*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...