MATEMATIKA dan P5
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : Kamis, 23 Januari 2024
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : MATEMATIKA dan P5
*Capaian Pembelajaran MATEMATIKA :
P. Mengetahui kapan perkalian digunakan dan memahami pengertian perkalian dengan cara mengungkapkannya ke dalam sebuah kalimat matematika perkalian kemudian membaca kalimat matematikanya
*Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA :
Memperdalam pemahaman siswa tentang perkalian dan cara menggunakannya
Mengalikan dua bilangan dan Menemukan sifat-sifat perkalian dan menerapkannya
*Capaian Pembelajaran P5 :
Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait
*Tujuan Pembelajaran P5 :
Menguatkan profil pelajar Pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada makanan tradisional
* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning my lovely students. How are you this morning?
* Materi Ajar:
Matematika
Kegiatan Inti
Ada 3 kotak berisi coklat. Banyaknya coklat pada
tiap kotak sama. Bagaimana cara untuk mengetahui banyaknya seluruh coklat?
o Ingatkan pada tiap peserta didik bahwa peserta didik
perlu mengetahui "banyaknya benda tiap wadah” untuk mendapatkan banyaknya
seluruh coklat. Selain itu, mengingatkan peserta didik mengenai menyatakan banyaknya
seluruh benda pada pembelajaran sebelumnya.
·
Menemukan
banyaknya coklat dalam satu kotak dan ungkapkan banyaknya seluruh coklat dengan
kata-kata.
o Fokus pada fakta bahwa banyaknya seluruh benda dapat
dinyatakan dengan "Banyaknya wadah” dan “banyaknya “benda tiap wadah.
o Saat membilang banyaknya seluruh benda, lakukan satu
per satu, atau dengan metode membilang lompat 2-2, lompat 5-5.
·
Selain itu,
banyaknya benda dapat dihitung dengan menggunakan penjumlahan. Menemukan
banyaknya ikan, jeli, dan buah pir pada tiap wadah, kemudian mengungkapkan
banyaknya seluruh benda dengan menggunakan kata-kata.
o Cara mengungkapkan perkalian dan menuliskan bentuk
perkalian pada kalimat "ada 5 kotak, tiap kotak berisi 2 buah kue” dengan
rumus 5 x 2 = 10.
o Dibandingkan dengan bentuk 2+2+2+2+2=10, bentuk
perkalian lebih jelas menunjukkan ada berapa banyaknya benda.
o Beri tahu peserta didik bahwa bentuk 5 x 2 dibaca “5
kali 2” dan mintalah peserta didik untuk berlatih membaca dan mempraktikkan
cara menulis “x”.
·
Bacalah dengan
lantang bentuk perkalian "4 x 3 = 12".
o Ajak peserta didik memahami bahwa perkaliannya akan menjadi 3 x 4 karena "ada 3 kantong masing-masing kantong berisi 4 biskuit ", dan pastikan peserta didik berhati-hati agar tidak menjadikannya 4 x.
*Evaluasi:
1. 5 × 7 = … + … + … + … + … = ….
2. 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 = … × … = ….
3. Di atas meja ada 6 mangkuk. Setiap mangkuk berisi 8 bakso. Berapa banyak bakso yang ada di meja?
4. Di sebuah persimpangan ada 7 becak berhenti. Berapa jumlah roda becak seluruhnya?
5. Di sebuah restoran terdapat 9 meja. Setiap meja berisi 6 orang yang makan. Berapa banyak orang yang makan di restoran tersebut secara total?
6. Pak Anton mempunyai 12 ekor bebek, masing-masing bebek bertelur 3 butir. Berapa banyak telur yang ada pada bebek Pak Anton?
7. Bentuk penjumlahan berulang dari 4×8 adalah ....
8. Penjumlahan bilangan 6 dengan 3 suku yang dituliskan dalam perkalian adalah...
Materi ajar P5:
* Materi Ajar
P5
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
1. Teknik Pounding
Pounding printing adalah teknik pembuatan motif pada kain dengan cara dipukul. Proses pengerjaan kain dengan teknik ini bisa dibilang menjadi yang paling sederhana. Oleh karena itulah, banyak orang yang memilih menggunakan teknik pounding.
Teknik pounding ini bisa dilakukan dengan cara meletakkan beberapa bunga atau daun di atas kain. Kemudian setelahnya bisa langsung dipukul menggunakan palu.
2. Teknik Steaming
Teknik steaming ini dilakukan dengan cara mengukus daun atau bunga pada lembaran kain yang sudah ditempeli ornamen tumbuhan tersebut. Umumnya, orang-orang akan menggunakan sepotong pipa kecil untuk menggulung kain agar desain yang dibuat tidak hilang.Baru setelahnya dililitkan benang atau tali di sepanjang gulungan kain untuk menahan posisinya agar tidak terlepas. Proses steaming ini sendiri berlangsung selama dua jam agar pigmen pada tanaman bisa keluar secara maksimal. 5. Evaluasi 💫 Kerjakan soal berikut dengan benar! 💫 🌼 Sebutkan bahan bahan membuat ecoprint?
Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk ecoprint antara lain:, kain, palu kayu, bubuk tawas, plastik Biji-bijian, Kertas, Bunga, daun daunan. Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga bisa membeli paket bahan ecoprint yang sudah lengkap, seperti:- Paket ecoprint kain, bubuk tawas plastik dan palu kayu
- Set kain dan palu kayu
- Set paket ecoprint anak DIY kit
- Manik bulat pastel kilap mote susu kilap
- Clay resin karakter Sanrio
Ecoprint adalah kegiatan membuat karya dari bentuk benda dengan menggunakan seutas benang. Hasil dari kegiatan meronce dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti perhiasan, hiasan jendela, dan alat ibadah.
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran Kesimpulan P5 adalah
- Paket ecoprint kain, bubuk tawas plastik dan palu kayu
- Set kain dan palu kayu
- Set paket ecoprint anak DIY kit
- Manik bulat pastel kilap mote susu kilap
- Clay resin karakter Sanrio
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran Kesimpulan P5 adalah


Komentar
Posting Komentar