Langsung ke konten utama

   

MATEMATIKA dan P5


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Kamis, 23 Januari 2024

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5


*Capaian Pembelajaran MATEMATIKA :

P.    Mengetahui kapan perkalian digunakan dan memahami pengertian perkalian dengan cara mengungkapkannya ke dalam sebuah kalimat matematika perkalian kemudian membaca kalimat matematikanya

*Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA : 

Memperdalam pemahaman siswa tentang perkalian dan cara menggunakannya

Mengalikan dua bilangan dan Menemukan sifat-sifat perkalian dan menerapkannya


*Capaian Pembelajaran P5 :

Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait

*Tujuan Pembelajaran P5 : 

Menguatkan profil pelajar Pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada makanan tradisional


* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍


*Media Pembelajaran : Buku paket dan video

* Materi Ajar:

Matematika

Kegiatan Inti



 Ada 3 kotak berisi coklat. Banyaknya coklat pada tiap kotak sama. Bagaimana cara untuk mengetahui banyaknya seluruh coklat?

o Ingatkan pada tiap peserta didik bahwa peserta didik perlu mengetahui "banyaknya benda tiap wadah” untuk mendapatkan banyaknya seluruh coklat. Selain itu, mengingatkan peserta didik mengenai menyatakan banyaknya seluruh benda pada pembelajaran sebelumnya.

·      Menemukan banyaknya coklat dalam satu kotak dan ungkapkan banyaknya seluruh coklat dengan kata-kata.

o Fokus pada fakta bahwa banyaknya seluruh benda dapat dinyatakan dengan "Banyaknya wadah” dan “banyaknya “benda tiap wadah.

o Saat membilang banyaknya seluruh benda, lakukan satu per satu, atau dengan metode membilang lompat 2-2, lompat 5-5.

·      Selain itu, banyaknya benda dapat dihitung dengan menggunakan penjumlahan. Menemukan banyaknya ikan, jeli, dan buah pir pada tiap wadah, kemudian mengungkapkan banyaknya seluruh benda dengan menggunakan kata-kata.

o Cara mengungkapkan perkalian dan menuliskan bentuk perkalian pada kalimat "ada 5 kotak, tiap kotak berisi 2 buah kue” dengan rumus 5 x 2 = 10.

o Dibandingkan dengan bentuk 2+2+2+2+2=10, bentuk perkalian lebih jelas menunjukkan ada berapa banyaknya benda.

o Beri tahu peserta didik bahwa bentuk 5 x 2 dibaca “5 kali 2” dan mintalah peserta didik untuk berlatih membaca dan mempraktikkan cara menulis “x”.

·      Bacalah dengan lantang bentuk perkalian "4 x 3 = 12".

o Ajak peserta didik memahami bahwa perkaliannya akan menjadi 3 x 4 karena "ada 3 kantong masing-masing kantong berisi 4 biskuit ", dan pastikan peserta didik berhati-hati agar tidak menjadikannya 4 x.


 *Evaluasi:

1. 5 × 7 = … + … + … + … + … = ….

2. 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 + 6 = … × … = ….

3. Di atas meja ada 6 mangkuk. Setiap mangkuk berisi 8 bakso. Berapa banyak bakso yang ada di meja?

4. Di sebuah persimpangan ada 7 becak berhenti. Berapa jumlah roda becak seluruhnya?

5. Di sebuah restoran terdapat 9 meja. Setiap meja berisi 6 orang yang makan. Berapa banyak orang yang makan di restoran tersebut secara total?

6. Pak Anton mempunyai 12 ekor bebek, masing-masing bebek bertelur 3 butir. Berapa banyak telur yang ada pada bebek Pak Anton? 

7. Bentuk penjumlahan berulang dari 4×8 adalah ....

8. Penjumlahan bilangan 6 dengan 3 suku yang dituliskan dalam perkalian adalah...




Materi ajar P5:

* Materi Ajar

P5

Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Salah satu karakteristik dari Kurikulum Merdeka adalah adanya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Karakteristik ini fokus pada pengembangan kompetensi dan karakter pelajar melalui belajar kelompok seputar isu penting dalam konteks nyata di sekitarnya.

Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,

Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

  Let’s check this video

                                  


 
    P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.

    P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
 " Meronce   " 
    
    P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentangKewirausahaan Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan 
Tema : ecoprint


Secara umum, pengertian ecoprint adalah teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang cukup sederhana, tetapi bisa menghasilkan motif yang unik dan otentik.
Prinsip pembuatannya adalah dengan menggunakan kontak langsung antara daun, bunga, batang, maupun bagian tubuh tanaman lain yang mengandung pigmen warna dengan media kain.


1. Teknik Pounding

Pounding printing adalah teknik pembuatan motif pada kain dengan cara dipukul. Proses pengerjaan kain dengan teknik ini bisa dibilang menjadi yang paling sederhana. Oleh karena itulah, banyak orang yang memilih menggunakan teknik pounding.

Teknik pounding ini bisa dilakukan dengan cara meletakkan beberapa bunga atau daun di atas kain. Kemudian setelahnya bisa langsung dipukul menggunakan palu.

2. Teknik Steaming

Teknik steaming ini dilakukan dengan cara mengukus daun atau bunga pada lembaran kain yang sudah ditempeli ornamen tumbuhan tersebut. Umumnya, orang-orang akan menggunakan sepotong pipa kecil untuk menggulung kain agar desain yang dibuat tidak hilang.
Baru setelahnya dililitkan benang atau tali di sepanjang gulungan kain untuk menahan posisinya agar tidak terlepas. Proses steaming ini sendiri berlangsung selama dua jam agar pigmen pada tanaman bisa keluar secara maksimal.
 
5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫
 
🌼 Sebutkan bahan bahan membuat ecoprint?

 
Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk ecoprint antara lain:, kain, palu kayu, bubuk tawas, plastik Biji-bijian, Kertas, Bunga, daun daunan. 
Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga bisa membeli paket bahan ecoprint yang sudah lengkap, seperti:
  • Paket ecoprint kain, bubuk tawas plastik dan palu kayu
  • Set kain dan palu kayu
  • Set paket ecoprint anak DIY kit
  • Manik bulat pastel kilap mote susu kilap
  • Clay resin karakter Sanrio 
Ecoprint adalah kegiatan membuat karya dari bentuk benda dengan menggunakan seutas benang. Hasil dari kegiatan meronce dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti perhiasan, hiasan jendela, dan alat ibadah. 

6. Penutup

    Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran Kesimpulan P5 adalah 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...