Langsung ke konten utama

              

Pendidikan Pancasila


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Senin, 13 November 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : PKN


🎯 Capaian Pembelajaran

PPKn:
Peserta didik mampu menyebutkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan pembelajaran yang bermakna.


🏆 Tujuan Pembelajaran

Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca cerita rakyat, tanya jawab, berdiskusi, dan bermain peran, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Mengidentifikasi pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

  2. Menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.


🌞 Good Morning My Lovely Students! 🥰

Bagaimana kabarnya hari ini?
Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan jadi anak-anak yang penuh semangat belajar ya! 😇


🧩 Media Ajar

  • Gambar ilustrasi pengamalan Pancasila

  • Video pembelajaran

🧠 Metode Pembelajaran

Diskusi, kerja kelompok, tanya jawab, bermain peran

🎬 Video Pembelajaran:
"Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari"
(Link video dapat disisipkan sesuai kebutuhan)


📚 Materi Ajar

PPKn – Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


📌 Kegiatan Pembuka

  • Guru dan murid membaca doa pembuka pelajaran

  • Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan media yang akan digunakan


📌 Kegiatan Inti

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia mengandung nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman dalam bersikap dan bertindak.
Mari kita lihat contoh pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari 👇

1️⃣ Ketuhanan Yang Maha Esa (Sila 1)

  • Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan

  • Tidak memaksakan agama kepada orang lain

2️⃣ Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (Sila 2)

  • Menghormati orang lain

  • Membantu teman yang kesulitan

3️⃣ Persatuan Indonesia (Sila 3)

  • Gotong royong membersihkan lingkungan

  • Bangga menggunakan bahasa Indonesia

4️⃣ Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan (Sila 4)

  • Bermusyawarah saat memilih ketua kelas

  • Menerima keputusan bersama dengan lapang dada

5️⃣ Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia (Sila 5)

  • Berbagi kepada sesama

  • Tidak membeda-bedakan teman

Mari kita bersama-sama menerapkan nilai-nilai tersebut di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar agar menjadi warga negara yang baik dan bermoral.


📝 Latihan Soal – Pilihan Ganda

  1. Contoh pengamalan sila pertama Pancasila adalah…
    A. Bermusyawarah saat rapat
    B. Berbagi makanan kepada teman
    C. Berdoa sebelum belajar ✅
    D. Menerima keputusan bersama

  2. Sila ketiga Pancasila dapat diamalkan dengan cara…
    A. Saling menolong
    B. Menghormati perbedaan
    C. Belajar dengan tekun
    D. Gotong royong membersihkan kelas ✅

  3. Tidak membeda-bedakan teman merupakan pengamalan sila ke…
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 5 ✅


✍️ Evaluasi (Uraian Singkat)

  1. Apa contoh sikap yang mencerminkan sila “Persatuan Indonesia”?

  2. Mengapa kita harus menerapkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?

  3. Berikan contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila di sekolah!


✅ Kesimpulan

Dari pembelajaran hari ini, alhamdulillah sebagian besar siswa sudah mampu mengidentifikasi dan menjelaskan contoh-contoh pengamalan nilai Pancasila.
Namun, masih ada beberapa siswa yang perlu pendampingan lebih lanjut, terutama dalam memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga dengan bimbingan dan pembiasaan, nilai-nilai Pancasila dapat melekat dalam diri kita.
Mari kita menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia dan penuh kasih sayang. 🇮🇩❤️

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Apakah kamu ingin versi ini saya ubah menjadi kode HTML siap diposting di Blogger, supaya tampilannya berwarna dan terformat otomatis (judul besar, emoji, dan spasi rapi)?












Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...