Langsung ke konten utama

             

Pendidikan Pancasila


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Senin, 3 November 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : PKN

 

Capaian Pembelajaran:

PPKn:

  • Peserta didik mampu menyebutkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan pembelajaran yang bermakna.


Tujuan Pembelajaran:

Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca cerita rakyat, tanya jawab, berdiskusi, dan bermain peran, peserta didik diharapkan dapat:

  • Mengidentifikasi pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.


🌞 Good morning my lovely student! 🥰
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan jadi anak-anak yang penuh semangat belajar ya! 😇


Media Ajar:

  • Gambar ilustrasi pengamalan Pancasila

  • Video pembelajaran

Metode Pembelajaran:

Diskusi, kerja kelompok, tanya jawab, bermain peran


🎬 Video Pembelajaran

"Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari"
(Link video dapat disisipkan sesuai kebutuhan)


📚 Materi Ajar

PPKn – Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

📌 Kegiatan Pembuka:

  • Guru dan murid membaca doa pembuka pelajaran

  • Guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa

  • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan media yang akan digunakan

📌 Kegiatan Inti:

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia mengandung nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman dalam bersikap dan bertindak. Mari kita lihat contoh pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari:

1️⃣ Ketuhanan Yang Maha Esa (Sila 1)

  • Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan

  • Tidak memaksakan agama kepada orang lain

2️⃣ Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (Sila 2)

  • Menghormati orang lain

  • Membantu teman yang kesulitan

3️⃣ Persatuan Indonesia (Sila 3)

  • Gotong royong membersihkan lingkungan

  • Bangga menggunakan bahasa Indonesia

4️⃣ Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan (Sila 4)

  • Bermusyawarah saat memilih ketua kelas

  • Menerima keputusan bersama dengan lapang dada

5️⃣ Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia (Sila 5)

  • Berbagi kepada sesama

  • Tidak membeda-bedakan teman

✨Mari kita bersama-sama menerapkan nilai-nilai tersebut di rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar agar menjadi warga negara yang baik dan bermoral.


📝 Latihan Soal - Pilihan Ganda

  1. Contoh pengamalan sila pertama Pancasila adalah…
    A. Bermusyawarah saat rapat
    B. Berbagi makanan kepada teman
    C. Berdoa sebelum belajar
    D. Menerima keputusan bersama

    ✅ Jawaban: C. Berdoa sebelum belajar

  2. Sila ketiga Pancasila dapat diamalkan dengan cara…
    A. Saling menolong
    B. Menghormati perbedaan
    C. Belajar dengan tekun
    D. Gotong royong membersihkan kelas

    ✅ Jawaban: D. Gotong royong membersihkan kelas

  3. Tidak membeda-bedakan teman merupakan pengamalan sila ke…
    A. 1
    B. 2
    C. 3
    D. 5

    ✅ Jawaban: D. Sila ke-5


✍️ Evaluasi (Uraian Singkat):

  1. Apa contoh sikap yang mencerminkan sila “Persatuan Indonesia”?

  2. Menurutmu, mengapa kita harus menerapkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari?

  3. Berikan contoh pengamalan sila ke-2 Pancasila di sekolah!


✅ Kesimpulan:

Dari pembelajaran hari ini, alhamdulillah sebagian besar siswa sudah mampu mengidentifikasi dan menjelaskan contoh-contoh pengamalan nilai Pancasila. Namun, masih ada beberapa siswa yang perlu pendampingan lebih lanjut, terutama dalam memberikan contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga dengan bimbingan dan pembiasaan, nilai-nilai Pancasila dapat melekat dalam diri kita. Mari kita menjadi generasi penerus bangsa yang berakhlak mulia dan penuh kasih sayang. 🇮🇩❤️

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh














Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...