Langsung ke konten utama

"MATEMATIKA"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Kamus, 13 November 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : MATEMATIKA

📚 *Bab 4: Pola Bilangan dan Pola Gambar*

*Capaian Pembelajaran Matematika:*

Peserta didik mampu mengenali, membuat, dan melanjutkan pola bilangan serta pola gambar sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

 ✨ *Tujuan Pembelajaran:*

1. Peserta didik dapat mengamati pola yang terbentuk dari gambar atau bentuk benda.

2. Peserta didik dapat melanjutkan pola bilangan secara benar.

3. Peserta didik dapat menjelaskan pola yang dibuat dengan bahasanya sendiri.

📘 *Materi Pembelajaran:*

Apa itu Pola?

Pola adalah **urutan atau susunan yang berulang secara teratur**. Pola bisa ditemukan di mana saja, seperti pada bentuk, warna, atau bilangan.

Contoh Pola Gambar:

🔹 🌸🌸🌼🌸🌸🌼🌸🌸🌼 → pola bunga berulang setiap tiga gambar.


Contoh Pola Bilangan:

🔹 2, 4, 6, 8, 10, …

Setiap bilangan bertambah 2.

Jadi bilangan selanjutnya adalah **12**.


lets chek this vidio




 🧠 *Latihan:*

1. Tentukan bilangan selanjutnya!

   a. 1, 3, 5, 7, … = ?

   b. 5, 10, 15, 20, … = ?

2. Lengkapi pola gambar berikut!

   🍎🍎🍋🍎🍎🍋🍎🍎 … (lanjutkan pola ini!)


 🎯 *Kesimpulan:*

Pola membantu kita **melihat keteraturan dan memprediksi urutan berikutnya.**

Dengan memahami pola, kita bisa belajar berpikir logis dan teliti dalam memecahkan masalah.

---

 🌟 *Refleksi:*

Hari ini aku belajar bahwa pola bukan hanya ada di matematika, tapi juga di alam sekitar, seperti pola warna pada bunga, bentuk ubin di lantai, dan urutan hari dalam seminggu. 🌸🔢



Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...