"MATEMATIKA"
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : Kamus, 13 November 2025
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
📚 *Bab 4: Pola Bilangan dan Pola Gambar*
*Capaian Pembelajaran Matematika:*
Peserta didik mampu mengenali, membuat, dan melanjutkan pola bilangan serta pola gambar sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
✨ *Tujuan Pembelajaran:*
1. Peserta didik dapat mengamati pola yang terbentuk dari gambar atau bentuk benda.
2. Peserta didik dapat melanjutkan pola bilangan secara benar.
3. Peserta didik dapat menjelaskan pola yang dibuat dengan bahasanya sendiri.
📘 *Materi Pembelajaran:*
Apa itu Pola?
Pola adalah **urutan atau susunan yang berulang secara teratur**. Pola bisa ditemukan di mana saja, seperti pada bentuk, warna, atau bilangan.
Contoh Pola Gambar:
🔹 🌸🌸🌼🌸🌸🌼🌸🌸🌼 → pola bunga berulang setiap tiga gambar.
Contoh Pola Bilangan:
🔹 2, 4, 6, 8, 10, …
Setiap bilangan bertambah 2.
Jadi bilangan selanjutnya adalah **12**.
lets chek this vidio
🧠 *Latihan:*
1. Tentukan bilangan selanjutnya!
a. 1, 3, 5, 7, … = ?
b. 5, 10, 15, 20, … = ?
2. Lengkapi pola gambar berikut!
🍎🍎🍋🍎🍎🍋🍎🍎 … (lanjutkan pola ini!)
🎯 *Kesimpulan:*
Pola membantu kita **melihat keteraturan dan memprediksi urutan berikutnya.**
Dengan memahami pola, kita bisa belajar berpikir logis dan teliti dalam memecahkan masalah.
---
🌟 *Refleksi:*
Hari ini aku belajar bahwa pola bukan hanya ada di matematika, tapi juga di alam sekitar, seperti pola warna pada bunga, bentuk ubin di lantai, dan urutan hari dalam seminggu. 🌸🔢

Komentar
Posting Komentar