Langsung ke konten utama

"MATEMATIKA"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Jumat, 7 November 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : MATEMATIKA

📚 **Bab 3: Pola Bilangan**


*Capaian Pembelajaran Matematika*:

* Murid dapat mengenali pola bilangan sederhana yang berurutan.

* Melalui contoh gambar atau benda konkrit, siswa dapat menemukan dan melanjutkan pola bilangan.


### *Tujuan Pembelajaran Matematika*:

**Tujuan Jam ke-1:**

1.1. Murid mampu mengenali dan menyebutkan bilangan berdasarkan pola yang disajikan.


---

### *Alur Tujuan Pembelajaran Unit*:

✔️ Mampu mengenal dan memahami pola bilangan secara bertahap melalui benda konkrit dan simbol bilangan.

✔️ Mampu melanjutkan deret bilangan yang berpola (menambah atau mengurangi).

✔️ Mampu membuat pola bilangan sederhana menggunakan benda-benda di sekitar.

---


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you today?

I hope you are healthy and happy 😍


Pada pembelajaran kali ini kita akan mempelajari mengenai **"Pola Bilangan"**


---


### 🧠 *Media Pembelajaran*:

📽️ Video ilustrasi pola bilangan

🧩 Kartu angka (flashcard)

🍎 Benda konkrit (contoh biji-bijian, tutup botol, pensil)


### 🧑‍🏫 *Metode Pembelajaran*:

Ceramah singkat dan diskusi interaktif

(Pembelajaran Mendalam)


---


### 📘 Materi Ajar (Matematika):

Untuk pembelajaran pola bilangan kali ini, berikut beberapa hal yang perlu disiapkan:


#### 🌟 Pertanyaan Pemantik:

* Pernahkah kamu melihat benda yang bentuk atau jumlahnya berulang secara teratur?

* Apa yang terjadi jika kita menambah 1 pada angka 3, lalu angka berikutnya?

* Dapatkah kamu melanjutkan pola: 2, 4, 6, 8, …?


> Let's go!!!


---


#### 📚 Materi Pola Bilangan Kelas 2 SD:


1. **Apa itu Pola Bilangan?**

   Pola bilangan adalah barisan angka yang tersusun dengan urutan tertentu. Contohnya: 1, 2, 3, 4, … (pola naik 1)


2. **Jenis Pola Bilangan Sederhana:**


   * Pola bertambah (contoh: 3, 5, 7, 9, … → bertambah 2)

   * Pola berulang (contoh: 1, 2, 1, 2, … → berulang-ulang)


3. **Contoh di Kehidupan Sehari-hari:**


   * Banyaknya daun di tanaman yang tumbuh berderet

   * Susunan kursi di kelas

   * Langkah kaki ketika berjalan


4. **Cara Menyelesaikan Pola Bilangan:**


   * Amati bilangan pertama dan kedua

   * Cari selisih atau aturannya

   * Lanjutkan sesuai pola tersebut


---


### 📝 **Penilaian Harian 1: Pola Bilangan**


**Soal Pilihan Ganda**


1. Pola bilangan berikutnya dari 2, 4, 6, 8 adalah ...

   a. 9

   b. 10

   c. 12


2. Pola bilangan 5, 7, 9, 11 memiliki pola penjumlahan ...

   a. 1

   b. 2

   c. 3


3. Pola berulang berikut yang benar adalah ...

   a. 3, 4, 5, 6

   b. 1, 2, 1, 2

   c. 7, 8, 9, 7


**Soal Esai / Uraian:**


1. Lanjutkan pola bilangan berikut: 10, 12, 14, …

2. Buatlah pola bilanganmu sendiri dengan kenaikan 3!

3. Apa nama pola bilangan 1, 3, 1, 3, 1, 3?

4. Lihatlah benda di kelasmu yang punya pola teratur! Sebutkan contohnya!

5. Gambar dan lanjutkan pola berikut: 🔺🔵🔺🔵🔺...


---


🎦 **Let's check this video!**


*Silakan tonton video berikut untuk lebih memahami pola bilangan*

(link video berasal dari YouTube atau sumber belajar lainnya)


---


### ✨ Evaluasi / Penutup:


* Guru mengajak siswa menyimpulkan pembelajaran hari ini.

* Siswa diminta menyebutkan kembali contoh pola bilangan dan bagaimana cara melanjutkannya.


🎤 Guru dan siswa menutup pembelajaran dengan doa dan salam.


---


### 📍 *Refleksi / Kesimpulan Pembelajaran*:


Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini, dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu:

✔️ Mengenali pola bilangan yang bertambah

✔️ Melanjutkan pola bilangan sederhana

✔️ Menemukan pola berulang dalam kehidupan sehari-hari


Semoga pembelajaran ini bermanfaat dan menyenangkan ya, teman-teman!

Sampai jumpa di pertemuan selanjutnya 👋🏻

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


---


Ingin saya lanjutkan dalam bentuk file Word atau PDF? 😊


Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...