"Bahasa Indonesia"
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : Selasa, 4 November 2025
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : B. Indonesia
📚Bab 1 "Mengenal Perasaan"
*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :
-Peserta didik menunjukkan minat serta mampu memahami dan menyampaikan pesan mengekspresikan perasaan dan gagasan berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi sederhana dalam interaksi antar pribadi serta di depan banyak pendengar secara Santun
*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia :
Melalui mengingat pengalaman pribadi, murid dapat menceritakan perasaannya dan mennyebutkan cara menenagkan diri, dengan suara yang jelas dan penekanan intonasi;
Melalui membaca berulang, peserta didik dapat menyimpulkan perasaan tokoh cerita dan menyampaikan pendapat terhadap cerita dengan mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya.-
*profil pelajar pancasila
Beriman Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia
Berkebhinekaan Global
Mandiri
Bernalar
Kritis
Kreatif
*Pemahaman Bermakna
Perasaan adalah bagian dari diri kita yang perlu dikenali dan dikelola.
Setiap orang memiliki perasaan yang berbeda dan itu wajar.
Ada cara yang baik untuk menunjukkan rasa marah dan sedih.
* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Good morning my lovely students. How are you this morning?
* Materi Ajar:
B. Indonesia:
pertanyaan pemantik:
Apakah kalian pernah merasa senang, kaget, sedih, atau marah?
Apakah kalian ingat apa yang menyebabkan munculnya perasaan itu?
Bagaimana cara kalian menunjukkan rasa marah?
* materi pembelajaran
· Ajaklah peserta didik mengamati gambar di halaman ini.
· bantulah peserta didik mengingat kembali berbagai jenis perasaan dan mimik wajah.
Tentu, ini adalah rangkuman materi ajar tentang "Mengenal Perasaan" yang cocok untuk jenjang Sekolah Dasar (terutama Kelas 2, sesuai konteks sebelumnya), disajikan dengan bahasa yang sederhana dan fokus pada keterampilan sosial-emosional.
Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati dan tubuh kita saat sesuatu terjadi. Perasaan bisa membuat kita merasa nyaman (positif) atau tidak nyaman (negatif). Semua orang punya perasaan, dan perasaan kita bisa berubah-ubah setiap saat.
Kemudian, jelaskan definisi kata-kata berikut berdasarkan KBBI kepada peserta didik:
senang : puas dan lega, tanpa rasa susah dan kecewa, berbahagia, gembira
takut : merasa gentar (ngeri) menghadapi sesuatu yang dianggap akan mendatangkan bencana; tidak berani, khawatir
sedih : merasa sangat pilu dalam hati; susah hati
marah : sangat tidak senang; berang; gusar
kaget : terkejut
malu : segan melakukan sesuatu karena agak takut
bangga : besar hati karena mempunyai keunggulan
sedih : merasa sangat pilu dalam hati; susah hati
marah : sangat tidak senang; berang; gusar
kaget : terkejut
malu : segan melakukan sesuatu karena agak takut
bangga : besar hati karena mempunyai keunggulan
| Perasaan | Penyebab (Contoh) | Ekspresi Wajah & Tubuh |
| Senang 😊 | Mendapat hadiah, bermain dengan teman, berhasil mengerjakan tugas. | Senyum lebar, tertawa, mata berbinar, melompat-lompat. |
| Sedih 😢 | Mainan rusak, jauh dari orang tua, merasa gagal. | Bibir melengkung ke bawah, menangis, wajah murung, bahu merosot. |
| Marah 😡 | Diganggu teman, tidak diizinkan main, barang hilang. | Alis mengerut, mata melotot, tangan mengepal, suara keras. |
| Takut 😨 | Mendengar suara keras, melihat hewan yang menakutkan, sendirian di tempat gelap. | Mata terbelalak, mulut terbuka (kaget), badan gemetar, ingin bersembunyi. |
| Malu 😳 | Jatuh di depan banyak orang, lupa saat disuruh maju. | Wajah memerah, menunduk, menutup wajah. |
Mengapa Kita Perlu Mengenal Perasaan?
Mengenal Diri Sendiri: Kita jadi tahu apa yang kita butuhkan. (Misalnya, jika kita sedih, kita butuh dipeluk atau ditemani).
Mengerti Orang Lain: Kita jadi bisa tahu kenapa teman kita marah atau sedih, sehingga kita bisa bersikap baik kepadanya (empati).
Mengelola Diri: Kita jadi bisa memilih cara yang benar untuk menunjukkan perasaan, terutama saat marah atau takut.
Aktivitas Kelas (Latihan dan Diskusi)
Permainan "Tebak Ekspresi": Guru menunjukkan sebuah ekspresi wajah, dan siswa menebak perasaan apa itu.
Menceritakan Pengalaman: Siswa memilih satu kartu perasaan (misalnya "Bangga") dan menceritakan kapan dia terakhir kali merasa bangga dan apa penyebabnya.
M minta peserta didik berpasangan untuk berlatih tanya-jawab.
Jelaskan arti kosakata baru kepada peserta didik.
Kunci Jawaban
1. Pindah
2. Berpisah
*contoh latihan soal:
1. sebutkan 3 perasaan yang kamu rasakan hari ini?
jawaban:
2. apakah yang di maksud dengan perasaan sedih?
jawaban:merasa sangat pilu dalam hati; susah hati
3. bagaimana cara orang menenangkan perasaan ketika bersedih??
jawaban: mendengarkan musik dll.


Komentar
Posting Komentar