Langsung ke konten utama

      

"Bahasa Indonesia"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Selasa, 4 November 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : B. Indonesia

📚Bab 1 "Mengenal Perasaan"

*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :

-Peserta didik menunjukkan minat serta mampu memahami dan menyampaikan pesan mengekspresikan perasaan dan gagasan berpartisipasi dalam percakapan dan diskusi sederhana dalam interaksi antar pribadi serta di depan banyak pendengar secara Santun


*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia : 

Melalui mengingat pengalaman pribadi, murid dapat menceritakan perasaannya dan mennyebutkan cara menenagkan diri, dengan suara yang jelas dan penekanan intonasi;

Melalui membaca berulang, peserta didik dapat menyimpulkan perasaan tokoh cerita dan menyampaikan pendapat terhadap cerita dengan mengaitkan pesan pada cerita dengan pengalaman pribadinya.-


*profil pelajar pancasila

Beriman Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia

Berkebhinekaan Global

Mandiri

Bernalar

Kritis

Kreatif


*Pemahaman Bermakna

  • Perasaan adalah bagian dari diri kita yang perlu dikenali dan dikelola.

  • Setiap orang memiliki perasaan yang berbeda dan itu wajar.

  • Ada cara yang baik untuk menunjukkan rasa marah dan sedih.


* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "perasaanku"


*Media Pembelajaran : Buku paket, gambar, card perasaanku dan video

*Metode pembelajaran : ceramah dan games (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar:

B. Indonesia:

    pertanyaan pemantik:

  • Apakah kalian pernah merasa senang, kaget, sedih, atau marah?

  • Apakah kalian ingat apa yang menyebabkan munculnya perasaan itu?

  • Bagaimana cara kalian menunjukkan rasa marah?


materi pembelajaran




·         Ajaklah peserta didik mengamati gambar di halaman ini.

·         bantulah peserta didik mengingat kembali berbagai jenis perasaan dan mimik wajah.

        Tentu, ini adalah rangkuman materi ajar tentang "Mengenal Perasaan" yang cocok untuk jenjang Sekolah Dasar (terutama Kelas 2, sesuai konteks sebelumnya), disajikan dengan bahasa yang sederhana dan fokus pada keterampilan sosial-emosional.


Materi Ajar: Mengenal Perasaan ❤️

1. Apa Itu Perasaan? 🤔

Perasaan adalah apa yang kita rasakan di dalam hati dan tubuh kita saat sesuatu terjadi. Perasaan bisa membuat kita merasa nyaman (positif) atau tidak nyaman (negatif). Semua orang punya perasaan, dan perasaan kita bisa berubah-ubah setiap saat.


      Kemudian, jelaskan definisi kata-kata berikut berdasarkan KBBI kepada peserta didik:

senang  : puas dan lega, tanpa rasa susah dan kecewa, berbahagia, gembira

takut     : merasa gentar (ngeri) menghadapi sesuatu yang dianggap akan mendatangkan bencana; tidak berani, khawatir

sedih     : merasa sangat pilu dalam hati; susah hati

marah   : sangat tidak senang; berang; gusar

kaget     : terkejut

malu      : segan melakukan sesuatu karena agak takut

bangga  : besar hati karena mempunyai keunggulan

sedih      : merasa sangat pilu dalam hati; susah hati

marah    : sangat tidak senang; berang; gusar

kaget      : terkejut

malu       : segan melakukan sesuatu karena agak takut

bangga   : besar hati karena mempunyai keunggulan

 

PerasaanPenyebab (Contoh)Ekspresi Wajah & Tubuh
Senang 😊Mendapat hadiah, bermain dengan teman, berhasil mengerjakan tugas.Senyum lebar, tertawa, mata berbinar, melompat-lompat.
Sedih 😢Mainan rusak, jauh dari orang tua, merasa gagal.Bibir melengkung ke bawah, menangis, wajah murung, bahu merosot.
Marah 😡Diganggu teman, tidak diizinkan main, barang hilang.Alis mengerut, mata melotot, tangan mengepal, suara keras.
Takut 😨Mendengar suara keras, melihat hewan yang menakutkan, sendirian di tempat gelap.Mata terbelalak, mulut terbuka (kaget), badan gemetar, ingin bersembunyi.
Malu 😳Jatuh di depan banyak orang, lupa saat disuruh maju.Wajah memerah, menunduk, menutup wajah.

    

        

    Mengapa Kita Perlu Mengenal Perasaan?

  1. Mengenal Diri Sendiri: Kita jadi tahu apa yang kita butuhkan. (Misalnya, jika kita sedih, kita butuh dipeluk atau ditemani).

  2. Mengerti Orang Lain: Kita jadi bisa tahu kenapa teman kita marah atau sedih, sehingga kita bisa bersikap baik kepadanya (empati).

  3. Mengelola Diri: Kita jadi bisa memilih cara yang benar untuk menunjukkan perasaan, terutama saat marah atau takut.

                           

    Aktivitas Kelas (Latihan dan Diskusi)

  1. Permainan "Tebak Ekspresi": Guru menunjukkan sebuah ekspresi wajah, dan siswa menebak perasaan apa itu.

  2. Menceritakan Pengalaman: Siswa memilih satu kartu perasaan (misalnya "Bangga") dan menceritakan kapan dia terakhir kali merasa bangga dan apa penyebabnya.


M            minta peserta didik berpasangan untuk berlatih tanya-jawab.


Jelaskan arti kosakata baru kepada peserta didik.

Kunci Jawaban

1. Pindah

2. Berpisah


*contoh latihan soal:


1. sebutkan 3 perasaan yang kamu rasakan hari ini?

jawaban: 

2. apakah yang di maksud dengan perasaan sedih?

jawaban:merasa sangat pilu dalam hati; susah hati

3. bagaimana cara orang menenangkan perasaan ketika bersedih??

jawaban: mendengarkan musik dll.


      Let’s check this video 

 







5.  Evaluasi  / Kegiatan Penutup 
Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi Mengenal perasaan adalah pelajaran penting yang mengajarkan peserta didik untuk:
  1. Mengidentifikasi Berbagai Perasaan: Anak-anak belajar mengenali dan menamai perasaan dasar seperti senang, sedih, marah, takut, malu, dan bangga.

  2. Memahami Penyebab: Anak-anak memahami bahwa setiap perasaan muncul karena ada hal tertentu yang terjadi (ada sebab dan akibat).

  3. Mengekspresikan Diri: Anak-anak belajar menceritakan pengalaman pribadi yang terkait dengan perasaan (keterampilan berbicara).

  4. Mengelola Emosi: Anak-anak diajari cara-cara yang sehat dan tepat untuk menunjukkan dan mengendalikan perasaan negatif, terutama marah dan sedih, agar tidak merugikan diri sendiri atau orang lain.

Secara keseluruhan, bab ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan emosional anak, yaitu kemampuan untuk mengenali emosi diri sendiri dan orang lain, serta menggunakannya untuk membimbing pikiran dan tindakan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...