Langsung ke konten utama

           

SUMATIF TENGAH SEMESTER


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Jumat, 17 Oktober 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : B. inggris dan Pendidikan Anti Korupsi

*SUMATIF TENGAH SEMESTER*


* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

 alhamdulillah mulai hari "  Jumat 10 Oktober 2025"  semogga kalian sudah siap mengerjakan Sumatif Tengah Semester ( STS) yang akan ibu guru berikan yaa .. 

Sebelum kita memulai pembelajaran, sebaiknya ananda sholeh sholehah semua sudah melaksanakan sholat dhuha secara berjamaah di kelas,  setelah melakukan  sholat dhuha kita akan lanjut muroja'ah ananda sholeh sholeha .🌼


Assalamualaikum sholeh sholehah🌼

📝📚Jadwal STS besok adalah: B.Inggris dan Pendidikaan Anti Korupsi

📚Berikut kisi-kisi ulangan B.inggris dan PAK sebagai acuan ananda belajar di rumah didampingi mama/papa 👇🏻 
 
Pendidikan anti korupsi, fokus pada pengenalan nilai-nilai seperti jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, dan kesederhanaan melalui contoh-contoh sehari-hari di rumah dan sekolah. 
Materi ini bertujuan agar siswa memahami dan mempraktikkan perilaku anti korupsi sejak dini sebagai dasar pembentukan karakter integritas. 
Materi dan nilai utama

- Kejujuran: Siswa belajar mengidentifikasi perilaku jujur, seperti tidak menyontek saat ujian atau tidak mengambil barang yang bukan miliknya. 

- Disiplin: Mengenalkan sikap disiplin dalam kegiatan sehari-hari, contohnya mengikuti upacara dengan khidmat atau mengerjakan tugas tepat waktu. 

- Tanggung Jawab: Memahami pentingnya bertanggung jawab atas tindakan dan janji, termasuk menepati janji dan siap menanggung risiko jika melanggar. 

- Kerja Keras: Siswa diajarkan untuk gigih dalam mengerjakan tugas sekolah, tidak mengeluh, dan memahami bahwa kerja keras akan membuahkan hasil. 

- Kesederhanaan: Mengajarkan sikap sederhana, seperti tidak pamer, membawa bekal dari rumah, dan tidak boros. Hal ini juga mencakup menabung jika ada uang lebih


📚KISI KISI B Inggris:

1. Vocabulary: Fruits (Kosakata tentang Buah)
Mengenal nama-nama buah dalam Bahasa Inggris: apple, mango, banana, orange, grape, pineapple, watermelon, avocado.

Mengetahui arti kata buah-buahan dalam Bahasa Indonesia.

Membedakan antara buah dan bukan buah (fruit vs vegetable).

Menyebutkan jenis buah berdasarkan gambar.

2. Grammar: Simple Present Tense (Like / Likes)
Menggunakan kata kerja “like” dan “likes” dengan subjek yang sesuai (I/We/They → like; He/She → likes).

Menjawab pertanyaan dengan bentuk “Does she/he like …?” → “Yes, she does.” / “No, she doesn’t.”

Melengkapi kalimat sederhana menggunakan like/likes.

Menyusun kalimat pendek tentang kesukaan (contoh: I like banana. She likes mango).

3. Numbers (Angka 1–30)
Mengetahui angka dalam Bahasa Inggris (1–30).

Menyebutkan dan menulis angka dalam Bahasa Inggris (one, two, three …).

Menjawab operasi penjumlahan sederhana dalam Bahasa Inggris (contoh: Fifteen + Four = Nineteen).

Menyusun huruf acak menjadi kata angka (contoh: N – E – V – E – L – E = Eleven).

4. Family Members (Anggota Keluarga)
Mengenal kosakata keluarga: father, mother, brother, sister, grandfather, grandmother, cousin.

Menentukan hubungan keluarga berdasarkan gambar.

Menjawab pertanyaan tentang anggota keluarga (contoh: Who is he? → My father).

Mengetahui arti “brother and sister” dalam Bahasa Indonesia.

5. Counting Objects (Menghitung Benda)
Menghitung jumlah benda (How many … are there?).

Menjawab pertanyaan dengan benar (contoh: How many pencils are there? → Five pencils).

Mengetahui nama-nama benda di sekitar (book, pencil, doughnut, etc.).

Melengkapi kalimat berdasarkan jumlah benda yang ditunjukkan.

6. Translation and Writing

Menerjemahkan kalimat sederhana dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.
Contoh: “I have five pencils.” → “Saya punya lima pensil.”

Menyusun huruf acak menjadi kata yang benar.

Menulis kata-kata angka dengan benar berdasarkan susunan huruf.



jaga kesehatan dan Semangat belajar🤗
Terimakasih


Ibu guru akhiri assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh🙏🏻




Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...