Langsung ke konten utama

        

"MATEMATIKA dan SBDP"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Jumat, 24 Oktober 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : MATEMATIKA

📚Bab 3 "Mengenal bentuk disekitar kita"

*Capaian Pembelajaran Matematika : 

-murid dapat mengenal nama bangun datar berdasarkan banyak sisi yang terdapat pada bangu tersebu
- melalui soal cerita murid dapat menggambar dan menentukan benda disekitar yang sesuai dengan bangu. datar yang di maksud

*Tujuan Pembelajaran Matematika :

Tujuan jam ke-1:

1.1. mengenali bangub datar dengan berbagai banyak sisi dari bangu  tersebut.

Alur Tujuan Pembelajaran Unit :

v  Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.

§Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.

§  Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.

§  Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "bangun datar"


*Media Pembelajaran👇🏻
Matematika: 
gambar dan vidio dan flashcard

*Metode pembelajaran : ceramah dan diskusi (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar (Matematika) :

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan

pembelajaran 1 ini, diantaranya:

*pertanyaan pemantik

-pernah kah kamu melihat sekumpulan benda disekitar kamu yang berbentuk persegi? sebutkan!

-bagaimana cara menghitung banyaknya benda yang di jumlahkan?

-benda apa saja yang kamu ketahui berbentuk segitig?

let's go!!




Materi bangun datar untuk kelas 2 SD meliputi pengertian bangun datar (objek dua dimensi), bagian-bagiannya seperti sisi, sudut, dan titik sudut, serta jenis-jenis bangun datar yang umum seperti persegi, persegi panjang, segitiga, dan lingkaran. Siswa juga akan belajar mengenali benda-benda di sekitar yang memiliki bentuk bangun datar serta membuat pola sederhana dari berbagai bangun datar tersebut. 
1. Pengertian Bangun Datar
  • Bangun datar adalah bentuk dua dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar. 
  • Permukaannya datar dan dibatasi oleh garis lurus atau garis lengkung
    • Karena sifatnya dua dimensi, bangun datar memiliki luas dan keliling. 
    2. Bagian-Bagian Bangun Datar
    • Sisi: Ruas-ruas garis yang membatasi bangun datar. 
    • Sudut: Bagian pojok yang dibentuk oleh pertemuan dua sisi pada bangun datar. 
    • Titik Sudut: Titik pertemuan dari dua sisi pada bangun datar. 
    3. Jenis-Jenis Bangun Datar
    • Persegi: Memiliki 4 sisi, 4 sudut, dan 4 titik sudut yang sama panjang. 
    • Persegi Panjang: Memiliki 4 sisi, 4 sudut, dan 4 titik sudut, dengan sisi-sisi yang berhadapan sama panjang. 
    • Segitiga: Memiliki 3 sisi, 3 sudut, dan 3 titik sudut. 
    • Lingkaran: Memiliki satu sisi lengkung, tidak memiliki sudut dan titik sudut. 
    4. Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari 
    • Siswa diajak untuk mengenali benda-benda di sekitar yang memiliki bentuk seperti bangun datar. 
    • Contoh benda berbentuk persegi: papan tulis, buku. 
    • Contoh benda berbentuk persegi panjang: pintu, meja. 
    • Contoh benda berbentuk lingkaran: uang logam, piring, jam dinding. 
    5. Pola Bangun Datar 
    • Siswa juga belajar membuat dan mengidentifikasi pola barisan yang tersusun dari berbagai bangun datar, misalnya pola segitiga-lingkaran-persegi.


    

  Let’s check this video 






📚SBDP: karya seni kolase

Kolase adalah karya seni rupa dua dimensi yang dibuat dengan cara menempelkan berbagai jenis bahan seperti kertas, kain, kayu, kaca, atau logam ke permukaan dasar untuk membentuk satu kesatuan komposisi yang unik dan harmonis. Teknik ini, yang berasal dari bahasa Prancis "coller" (merekatkan), menghasilkan karya baru yang memiliki nilai seni dari perakitan berbagai elemen, dan membutuhkan kreativitas, keterampilan, serta kesabaran dalam proses pembuatannya. 



setelah membuat karya seni kolase jawablah latihan soal berikut:

1. Apa yang dimaksud dengan teknik kolase?

Jawabannya: Teknik menempelkan pada permukaan gambar menggunakan perekat seperti kertas, kain, kaca, logam dan lainnya.

2. Apa yang dimaksud dengan cetak tinggi?

Jawabannya: Teknik cat yang menggunakan alat cetak atau relief.

3. Disebut apakah gabungan antara lukisan dan tempelan berbagai benda?

Jawabannya: Kolase

4. Apa yang dimaksud dengan relief?

Jawabannya: Karya seni rupa tiga dimensi yang dibuat di bidang datar atau dua dimensi.

5. Apa yang dimaksud dengan teknik montase?

Jawabannya: Karya seni yang menempelkan dua gambar baru atau lebih

Evaluasi / Kegiatan Penutup (Kesimpulan)

·   Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...