Langsung ke konten utama

 

"Bahasa Indonesia"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : selasa, 28 oktober 2025

Sekolah                   : SD al azhar 3

Mata Pelajaran     : B indonesia


---

 📚 **Bab 3: "Keluargaku Unik"**

🎯 **Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia:**

* Peserta didik mampu mengenali keunikan dan peran setiap anggota keluarga.

* Peserta didik mampu menyampaikan informasi sederhana tentang anggota keluarganya dengan kalimat yang runtut dan jelas.

* Peserta didik dapat menulis paragraf sederhana tentang keluarganya dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang benar.


 🎯 **Tujuan Pembelajaran:**

* Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, murid dapat menceritakan keunikan masing-masing anggota keluarga dengan percaya diri.

* Melalui kegiatan menulis, murid dapat menyusun kalimat sederhana untuk memperkenalkan keluarganya dengan bahasa yang baik dan benar.

---

🙏🏻 **Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh**


**Tabik Pun!**

Good morning my lovely students 🌞

How are you this morning?

Hopefully you are healthy and happy! 😍


Pada pembelajaran kali ini kita akan belajar tentang **“Keluargaku Unik”** — di mana setiap anggota keluarga memiliki kelebihan, kebiasaan, dan peran yang berbeda-beda, namun tetap saling menyayangi dan bekerja sama.


---


📖 **Media Pembelajaran:**

* Buku paket Bahasa Indonesia

* Gambar keluarga

* Kartu anggota keluarga (family cards)

* Video tentang peran keluarga


🧩 **Metode Pembelajaran:**

Ceramah, diskusi, dan permainan edukatif “Tebak Siapa di Keluargaku”.


---


 💡 **Pertanyaan Pemantik:**

* Siapa saja anggota keluargamu di rumah?

* Apa keunikan dari setiap anggota keluargamu?

* Bagaimana kamu membantu keluargamu di rumah?


---


📝 **Materi Pembelajaran**


📚 BAB 3: *“Keluargaku Unik”*

Keluarga adalah orang-orang terdekat yang selalu bersama kita setiap hari.

Di dalam keluarga, setiap anggota memiliki peran dan keunikan masing-masing.

**Contoh:**

* Ayah suka memperbaiki barang yang rusak.

* Ibu pandai memasak makanan yang enak.

* Kakak rajin belajar dan membantu adik mengerjakan PR.

* Aku suka membantu Ibu menyiram tanaman setiap pagi.

Keunikan inilah yang membuat keluarga menjadi **istimewa dan saling melengkapi**.


---


🔤 **Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca**

Dalam menulis tentang keluargaku, perhatikan:

* Huruf kapital digunakan pada **nama orang**, **awal kalimat**, dan **nama tempat**.

* Gunakan tanda titik (.) di akhir kalimat dan tanda koma (,) untuk memisahkan bagian kalimat.

**Contoh:**

> Nama ayahku Budi. Beliau bekerja sebagai guru.

> Ibu bernama Sinta, pandai membuat kue cokelat.


---


🎥 **Let’s Watch This Video!**

*(Guru menayangkan video pendek tentang kegiatan keluarga di rumah.)*


---


 🧠 **Evaluasi**

1. Sebutkan nama dan peran setiap anggota keluargamu!

2. Tuliskan satu keunikan dari masing-masing anggota keluargamu!

3. Buat paragraf singkat tentang keluargamu minimal tiga kalimat.


---


 🏁 **Kegiatan Penutup**

* Siswa menyimpulkan pelajaran dengan berbagi cerita tentang keluarganya di depan kelas.

* Guru memberikan umpan balik dan motivasi.

* Kegiatan diakhiri dengan **doa dan salam** bersama.


---


🌟 **Refleksi / Kesimpulan Pembelajaran**

Berdasarkan hasil pembelajaran hari ini, sebagian besar peserta didik **sudah mampu mengenali dan menceritakan keunikan keluarganya dengan bahasa yang santun dan kalimat yang benar.**



Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...