Langsung ke konten utama

   

"MATEMATIKA"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Kamis, 4 September 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : MATEMATIKA

📚Bab 1 "penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah"

*Capaian Pembelajaran Matematika : 

-murid dapat membilang menggunakan benda konkret untuk menjumlahakan dan mengurangkan bilangan cacah
- melalui soal cerita murid dapat membuat penjumlahan menurun dan sebaris

*Tujuan Pembelajaran Matematika :

Tujuan jam ke-1:

1.1. Menjumlahkan dua bilangan dengan menggunakan benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi puluhan

Alur Tujuan Pembelajaran Unit :

v  Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.

§  Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.

§  Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.

§  Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "penjumlahan menurun "


*Media Pembelajaran👇🏻
Matematika: 
gambar dan vidio dan flashcard

*Metode pembelajaran : ceramah dan diskusi (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar (Matematika) :

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan

pembelajaran 1 ini, diantaranya:

*pertanyaan pemantik

-pernah kah kamu melihat sekumpulan benda disekitar kamu dan menghitung jumlahnya?

-bagaimana cara menghitung banyaknya benda yang di jumlahkan?

-berapa angka terbanyak yang kamu ketahui?

let's go!!

Soal cerita penjumlahan dan pengurangan adalah soal cerita matematika yang melibatkan operasi penambahan atau pengurangan berdasarkan skenario kehidupan nyata. Untuk menyelesaikannya, baca soal dengan cermat, identifikasi informasi penting, kenali kata kunci seperti "total" (penjumlahan) atau "sisa" (pengurangan), dan terapkan operasi matematika yang sesuai untuk menemukan jawaban. 
Contoh Soal dan Cara Penyelesaian 
1. Penjumlahan
  • Soal: Pak Ari memanen 720 jeruk pada hari pertama dan 812 jeruk pada hari kedua. Berapa jumlah total jeruk yang telah dipanen Pak Ari? 
  • Kata Kunci: "jumlah total", "semua" (menunjukkan penjumlahan). 
  • Penyelesaian: 720 (jeruk hari pertama) + 812 (jeruk hari kedua) = 1532 jeruk. 
2. Pengurangan 
  • Soal: Icha memiliki 380 boneka. Jika 200 boneka habis terjual, berapa jumlah boneka Icha yang belum terjual? 
  • Kata Kunci: "sisa", "habis terjual" (menunjukkan pengurangan). 
  • Penyelesaian: 380 (total boneka) - 200 (boneka terjual) = 180 boneka. 
3. Kombinasi Penjumlahan dan Pengurangan 
  • Soal:
    Budi mempunyai 10 manggis. Ia memakan 2, kemudian 3 lagi. Lalu, ia membeli 5 buah lagi. Akan tetapi, 2 buah busuk dan harus dibuang. Berapa sisa buah manggis Budi sekarang? 
  • Penyelesaian:
    • Awal: 10 manggis 
    • Dimakan: 10 - 2 - 3 = 5 manggis 
    • Ditambah: 5 + 5 = 10 manggis 
    • Dibuang: 10 - 2 = 8 manggis 
    • Jadi, Budi memiliki 8 buah manggis. 
Tips Mengerjakan Soal Cerita
  • Baca dengan Cermat: Pahami setiap kalimat dan informasi yang diberikan. 
  • Pilih Kata Kunci: Identifikasi kata seperti "ditambah", "total", "gabungan", "sisa", "kurang", atau "selisih" untuk menentukan operasi yang akan digunakan. 
  • Pilah Informasi: Pisahkan angka-angka yang relevan dengan pertanyaan. 
  • Buat Catatan: Tuliskan informasi penting atau buat skema untuk mempermudah pemahaman. 
  • Gunakan Logika: Gunakan pemahaman sehari-hari untuk memecahkan masalah yang disajikan

    

  Let’s check this video 






Evaluasi / Kegiatan Penutup (Kesimpulan)

·   Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...