Langsung ke konten utama

     

"MATEMATIKA"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Kamis, 25 September 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : MATEMATIKA

📚Bab 3 "Bangun datar"

*Capaian Pembelajaran Matematika : 

-murid dapat mengenal nama bangun datar berdasarkan banyak sisi yang terdapat pada bangu tersebu
- melalui soal cerita murid dapat menggambar dan menentukan benda disekitar yang sesuai dengan bangu. datar yang di maksud

*Tujuan Pembelajaran Matematika :

Tujuan jam ke-1:

1.1. mengenali bangub datar dengan berbagai banyak sisi dari bangu  tersebut.

Alur Tujuan Pembelajaran Unit :

v  Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.

§Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.

§  Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.

§  Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "bangun datar"


*Media Pembelajaran👇🏻
Matematika: 
gambar dan vidio dan flashcard

*Metode pembelajaran : ceramah dan diskusi (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar (Matematika) :

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan

pembelajaran 1 ini, diantaranya:

*pertanyaan pemantik

-pernah kah kamu melihat sekumpulan benda disekitar kamu yang berbentuk persegi? sebutkan!

-bagaimana cara menghitung banyaknya benda yang di jumlahkan?

-benda apa saja yang kamu ketahui berbentuk segitig?

let's go!!




Materi bangun datar untuk kelas 2 SD meliputi pengertian bangun datar (objek dua dimensi), bagian-bagiannya seperti sisi, sudut, dan titik sudut, serta jenis-jenis bangun datar yang umum seperti persegi, persegi panjang, segitiga, dan lingkaran. Siswa juga akan belajar mengenali benda-benda di sekitar yang memiliki bentuk bangun datar serta membuat pola sederhana dari berbagai bangun datar tersebut. 
1. Pengertian Bangun Datar
  • Bangun datar adalah bentuk dua dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar. 
  • Permukaannya datar dan dibatasi oleh garis lurus atau garis lengkung
    • Karena sifatnya dua dimensi, bangun datar memiliki luas dan keliling. 
    2. Bagian-Bagian Bangun Datar
    • Sisi: Ruas-ruas garis yang membatasi bangun datar. 
    • Sudut: Bagian pojok yang dibentuk oleh pertemuan dua sisi pada bangun datar. 
    • Titik Sudut: Titik pertemuan dari dua sisi pada bangun datar. 
    3. Jenis-Jenis Bangun Datar
    • Persegi: Memiliki 4 sisi, 4 sudut, dan 4 titik sudut yang sama panjang. 
    • Persegi Panjang: Memiliki 4 sisi, 4 sudut, dan 4 titik sudut, dengan sisi-sisi yang berhadapan sama panjang. 
    • Segitiga: Memiliki 3 sisi, 3 sudut, dan 3 titik sudut. 
    • Lingkaran: Memiliki satu sisi lengkung, tidak memiliki sudut dan titik sudut. 
    4. Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari 
    • Siswa diajak untuk mengenali benda-benda di sekitar yang memiliki bentuk seperti bangun datar. 
    • Contoh benda berbentuk persegi: papan tulis, buku. 
    • Contoh benda berbentuk persegi panjang: pintu, meja. 
    • Contoh benda berbentuk lingkaran: uang logam, piring, jam dinding. 
    5. Pola Bangun Datar 
    • Siswa juga belajar membuat dan mengidentifikasi pola barisan yang tersusun dari berbagai bangun datar, misalnya pola segitiga-lingkaran-persegi.


    

  Let’s check this video 





Evaluasi / Kegiatan Penutup (Kesimpulan)

·   Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...