Langsung ke konten utama

    

Pendidikan Pancasila


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Selasa, 26 Agustus 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : PKN

 
Capaian Pembelajaran :

PKN :
* Peserta didik dapat mengenali simbol-simbol Pancasila dan Lambang Negara Garuda Pancasila, serta menceritakan hubungan simbol-simbol Pancasila dengan sila-sila dalam Pancasila. 


Tujuan Pembelajaran : 
PKN :
*
Melalui pengamatan gambar, menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita, games pohon Pancasila, bermain peran dan diskusi kelompok tentang nilai-nilai Pancasila, peserta didik dapat memutuskan nilai-nilai yang sesuai Pancasila sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.

good morning my lovely student🥰
bagaimana kabarnya hari ini, semoga selalu dalam lindungan allah swt😇

* Media ajar: gambar dan vidio




* Metode Pembelajaran : Diskusi dan Kerja kelompok


* Video Pembelajaran







* Materi Ajar
PKN

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

- pembukaan
- guru bersama murid bersiap untuk berdoa
- guru menanyakan kabar dan mengecek kehadiran murid
- guru menyampaikan tujuan pembalajaran, materi dan media ajar

Simbol-simbol Pancasila untuk kelas 2 adalah bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi dan kapas. Simbol-simbol ini mewakili lima sila dalam Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. 
Berikut adalah penjelasan singkatnya:

-Bintang: Melambangkan sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa. 

-Rantai: Melambangkan sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. 

-Pohon Beringin: Melambangkan sila ketiga, Persatuan Indonesia. 

-Kepala Banteng: Melambangkan sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. 

-Padi dan Kapas: Melambangkan sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia




-kagiatan inti:

 1)   Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok belajar;

2)   Peserta didik mengamati gambar Garuda Pancasila, yang diperlihatkan guru;

3)   Peserta didik diberikan pertanyaan, “Apa yang kalian ketahui dengan gambar ini?”

4)   Peserta didik melakukan tanya jawab dengan guru;

5)   Peserta didik diarahkan untuk membaca bacaan yang berjudul, “Lima Simbol Garuda Pancasila.”



6)   Peserta didik menyebutkan isi bacaan lima simbol “Garuda Pancasila”;

7)   Peserta didik menyimak tayangan berupa video, film, atau animasi yang bersumber dari youtube, atau sumber lainnya dengan kata kunci pencarian: “Simbol Pancasila.”

8)   Peserta didik menanggapi tayangan video, film atau animasi penjelasan lima simbol Garuda Pancasila;

9)   Tanya jawab peserta didik dengan guru tentang tayangan penjelasan lima simbol “Garuda Pancasila”

10)  Peserta didik dapat menceritakan kembali isi video, film, atau animasi dengan bahasa sendiri mengenai simbol Pancasila;

11)  Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mengenal lima simbol dalam lambang Garuda Pancasila, peserta didik mengisi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan teman sekelompoknya, melalui games menggunakan puzzle simbol Pancasila dipandu oleh guru;

12)  Peserta didik dapat mencari sumber atau referensi dalam mengerjakan LKPD melalui pengamatan lingkungan sekolah, buku, internet dan lainnya;

13)  Tiap kelompok melaporkan hasil diskusi LKPD secara bergantian di depan kelas. Jika tidak memungkinkan, guru dapat berkeliling ke tiap kelompok untuk melihat hasil diskusinya;

15)  Peserta didik mendapatkan feedback atau umpan balik atas pekerjaaannya dari guru dan etman. Contoh feedback dari guru:

16)  Contoh feedback dari teman:

17)  Peserta didik juga mendapatkan penguatan (reinforcement) dari guru tentang lima simbol dalam lambang negara burung Garuda Pancasila.









* Evaluasi
PKN

1) bagaimana bentuk simbol pancasila sila ke-1
2).sebutkan simbol pancasila apa saja yang kamu ketahui?
3) padi dan kapas adalah simbol pancasila ke?




* Kesimpulan
Dari materi PKN dan B.Indonesia yang disampaikan pada hari ini alhamdulillah sebagian besar dari 18 anak sudah dapat memahami materi dan ada beberapa anak yang masih perlu bimbingan dengan cara menjelaskan kembali materi yang dipelajari dan tanya jawab



Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...