Langsung ke konten utama

  

"MATEMATIKA dan SBDP"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Jumat, 22 Agustus 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : MATEMATIKA dan SBDP

📚Bab 1 "penjumlahan bilangan cacah"

*Capaian Pembelajaran Matematika : 

-murid dapat membilang menggunakan benda konkret untuk menjumlahakan bilangan cacah
- murid dapat membuat penjumlahan menurun dan sebaris

*Tujuan Pembelajaran Matematika :

Tujuan jam ke-1:

1.1. Menjumlahkan dua bilangan dengan menggunakan benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi puluhan

Alur Tujuan Pembelajaran Unit :

v  Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.

§  Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.

§  Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.

§  Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "penjumlahan menurun "


*Media Pembelajaran👇🏻
Matematika: 
gambar dan vidio


*Metode pembelajaran : ceramah dan diskusi (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar (Matematika) :

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan

pembelajaran 1 ini, diantaranya:

*pertanyaan pemantik

-pernah kah kamu melihat sekumpulan benda yang terdiri dari 10 benda?

-bagaimana cara menghitung banyaknya benda yang di jumlahkan?

-berapa angka terbanyak yang kamu ketahui?

let's go!!

Cara Melakukan Penjumlahan Menurun:
  1. 1. Tulis Angka:
    Tulis angka-angka yang akan dijumlahkan dalam bentuk menurun, pastikan satuan, puluhan, dan ratusan (jika ada) diluruskan.
  2. 2. Jumlahkan Satuan:
    Mulai dari kolom satuan, jumlahkan angka-angka yang ada di kolom tersebut. Jika hasilnya lebih dari 9, tulis angka satuan dari hasil penjumlahan di kolom satuan, dan simpan angka puluhan di kolom puluhan (carry over).
  3. 3. Jumlahkan Puluhan:
    Jumlahkan angka-angka di kolom puluhan, termasuk angka yang disimpan dari penjumlahan satuan (jika ada). Tulis hasilnya di kolom puluhan, dan simpan angka ratusan (jika ada).
  4. 4. Jumlahkan Ratusan:
    Jumlahkan angka-angka di kolom ratusan, termasuk angka yang disimpan dari penjumlahan puluhan (jika ada). Tulis hasilnya di kolom ratusan.
  5. 5. Hasil:
    Hasil penjumlahan adalah angka yang terbentuk dari hasil penjumlahan di setiap kolom. 
Contoh:
Kode
   2 3 4  +  1 5 2-------   3 8 6
Penjelasan:
4 + 2 = 6 (satuan), 3 + 5 = 8 (puluhan), 2 + 1 = 3 (ratusan). 
Contoh dengan Menyimpan:
Kode
   2 7 8  +  1 4 5-------   4 2 3
Penjelasan:
  • 8 + 5 = 13 (satuan). Tulis 3 di kolom satuan, simpan 1 di kolom puluhan.
  • 7 + 4 + 1 (yang disimpan) = 12 (puluhan). Tulis 2 di kolom puluhan, simpan 1 di kolom ratusan.
  • 2 + 1 + 1 (yang disimpan) = 4 (ratusan). 
Penjumlahan menurun membantu siswa untuk memahami konsep penjumlahan secara lebih sistematis dan memudahkan dalam menyelesaikan soal penjumlahan yang lebih kompleks

    
  Let’s check this video 




Evaluasi / Kegiatan Penutup (Kesimpulan)

·   Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...