Langsung ke konten utama

   

"Bahasa Indonesia"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Rabu, 27 agustus 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : B. Indonesia


📚Bab 1 "Perasaanku"

*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :

-Peserta didik mampu menuliskan informasi dalam puisi.


*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia : 

-Melalui mengamati puisi, peserta didik dapat menemukenali berbagai jenis perasaan dengan tepat

-Melalui mengamati puisi, peserta didik dapat mempresentasikan informasi tentang mimik berbagai perasaan dengan suara jelas dan penekanan intonasi


*Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "perasaanku"


*Media Pembelajaran : Buku paket, gambar, card cerita bergambar cara menjaga kesehatan dan video

*Metode pembelajaran : ceramah dan games (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar:

B. Indonesia:

    pertanyaan pemantik:

Siswa memiliki pemahaman mengenal cara menjaga kesehatan, dan hal-hal yang berkaitan dengan

kesehtana diri sehari-hari serta memahami kalimat dengan unsur subjek, predikat dan objek.

membuat kalimat tanya dengan kata tanya dan tanda tanya yang tepat.


Kata-kata ini digunakan untuk membentuk pertanyaan tentang berbagai hal, misalnya untuk menanyakan benda, orang, waktu, tempat, sebab, cara, dan jumlah. 
Berikut adalah penjelasan dan contoh penggunaan kata tanya untuk Kelas 2: 

  1. Apa: Digunakan untuk menanyakan benda, hewan, atau tumbuhan. 
    • Contoh: Apa yang kamu makan? 
  2. Siapa: Digunakan untuk menanyakan orang. 
    • Contoh: Siapa namamu? 
  3. Kapan: Digunakan untuk menanyakan waktu. 
    • Contoh: Kapan kamu akan pergi? 
  4. Di mana: Digunakan untuk menanyakan tempat. 
    • Contoh: Di mana rumahmu? 
  5. Mengapa/Kenapa: Digunakan untuk menanyakan sebab atau alasan. 
    • Contoh: Mengapa kamu tidak masuk sekolah? 
  6. Bagaimana: Digunakan untuk menanyakan cara atau keadaan. 
    • Contoh: Bagaimana cara membuat kue? 
  7. Berapa: Digunakan untuk menanyakan jumlah atau harga. 
    • Contoh: Berapa harga buku ini?

lembar kegiatan



.



Let’s check this video 







*Evaluasi /refleksi (Kegiatan Penutup)

    Guru bersama peserta didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan

     Guru memberikan tugas rumah sederhana berupa tulisan dengan bantuan buku paket.

     Guru mengkonfirmasi materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

   Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

: Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...