Langsung ke konten utama

     

"MATEMATIKA"


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Kamis, 31 juli 2025

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : MATEMATIKA

📚Bab 1 "ayo membilang sampai 50"

*Capaian Pembelajaran Matematika : 

-murid dapat membilang menggunakan benda konkret atau abstar sampai 50
- murid dapat membandingkan dua bilangan cacah hingga puluhan

*Tujuan Pembelajaran Matematika :

Tujuan jam ke-1:

1.1. Membandingkan dua bilangan dengan menggunakan benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi puluhan

Alur Tujuan Pembelajaran Unit :

v  Mampu memahami makna dan representasi bilangan, serta mengembangkan kemampuan penggunaan bilangan.

§  Mampu membilang dengan mengelompokkan benda dalam ukuran yang sama untuk tiap kelompok.

§  Memahami cara merepresentasikan bilangan dengan menuliskan lambang bilangannya sampai bilangan ribuan, serta dapat mengurutkan bilangan.

§  Mampu memahami ukuran relatif bilangan seperti melihat bilangan dalam ukuran puluhan atau ratusan.

* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Pada pembelajaran kali inj kita akan mempelajari mengenai "Bilang cacah - 50 "


*Media Pembelajaran👇🏻
Matematika: 
pensil warna, stik ice cream dan gambar


*Metode pembelajaran : ceramah dan diskusi (pembelajaran mendalam)

* Materi Ajar:

Matematika:

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan oleh guru dalam kegiatan

pembelajaran 1 ini, diantaranya:

*pertanyaan pemantaik

-pernah kah kamu melihat sekumpulan benda yang terdiri dari 10 benda?

-bagaimana cara menuliskan angka dua puluh?

-berapa angka terbanyak yang kamu ketahui?

let's go!!

Membilang dengan menggunakan benda konkret atau abstrak yang dapat dikelompokkan menjadi ratusan.

§ Berapa banyaknya semua kue?

§ Jenis penghitungan apa yang dapat digunakan?

selanjutnya👇🏻

👉🏻Membandingkan bilangan adalah menentukan apakah suatu bilangan lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan bilangan lainnya. Untuk membandingkan bilangan, kita perlu memperhatikan nilai tempat dari setiap digit dalam bilangan tersebut. 

Langkah-langkah membandingkan bilangan:


1. Perhatikan jumlah digit:

Bilangan dengan lebih banyak digit akan selalu lebih besar daripada bilangan dengan digit lebih sedikit.


2. Jika jumlah digit sama:

Mulai dari digit paling kiri (nilai tempat terbesar): Bandingkan digit pada nilai tempat tertinggi. Jika digitnya berbeda, bilangan dengan digit yang lebih besar adalah yang lebih besar. 

Jika digit sama: Lanjutkan membandingkan digit pada nilai tempat berikutnya (di sebelah kanan) hingga Anda menemukan perbedaan


3. Gunakan simbol perbandingan:

>: (lebih dari):** Menunjukkan bahwa bilangan di sebelah kiri lebih besar dari bilangan di sebelah kanan. 

<: (kurang dari):** Menunjukkan bahwa bilangan di sebelah kiri lebih kecil dari bilangan di sebelah kanan. 

= (sama dengan):** Menunjukkan bahwa kedua bilangan memiliki nilai yang sama. 

Contoh: 10 > 5 (10 lebih besar dari 5), 3 < 7 (3 lebih kecil dari 7), 8 = 8 (8 sama dengan 8




    

  Let’s check this video 






5.  Evaluasi  


Kegiatan Penutup 

·         Menyimpulkan pembelajaran bahwa dengan meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya terkait dengan materi pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Guru Bersama siswa menutup kegiatan dengan doa dan salam.

*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...