Mengenali mengindentifikasi dan menggunakan elemen rupa (garis dan warna) dalam sebuah karta
* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tabik Pun 🙏🏻
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness 😍
Masi ingatkah kalian tentang materi yang sudah kita bahas kemarin yaitu
*Media Pembelajaran : Buku paket dan video
* Materi Ajar:
B. Indonesia:
Bab "sayang lingkungan sekitar kita"
Kegiatan pembuka:
-Pendidik dan peserta didik berdoa
-pendidik menjelaskan tujuan pembelajaran
-apersepsi dengan menanyakan kabar dan ice breaking
-pendidik mengajak peserta didik mem
Kegiatan inti:
Pada pembelajaran kali ini kita akan memepelajari arti kata baru dengan bantuan gambar
"Arti menjaga lingkungan sekitar"
Menjaga lingkungan adalah kewajiban semua orang baik lingkungan rumah dan sekolah, bahkan lingkungan alam dan sekitarnya. Ada banyak cara menjaga libglungan kita, agar lebih memhamu marilah kita pelajari apa saja cara menjaga lingkungan kita
"Lagu anak indonesia hebat"
Contoh soal*
1. Bagaimana cara kita menjaga lingkungan disekitar kita?
2. Bagaimana cara kita mendapatkan air dalam kehidupan sehari-hari?
3. Siapa saja yang berhak manjaga kebersihan lingkungan kelas
SBDP:
1.Guru membuka kegiatan dengan aktifitas rutin kelas, sesuai kesepakatan kelas ( menyapa, berdoa, dan mengecekkehadiran ).
2.Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.
3.Mengondisikan peserta didik baik fisik maupun mental untuk siap melaksanakanpembelajaran.
4.Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapai cita-cita
5.Guru melakukan apersepsi dan mengingatkan pembelajaran sebelumnya
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Siapkan kertas. Sediakan berbagai macam alat gambar yang dapat dipilih oleh anak. Jenisnya usahakan beragam, dari yang bisa membuat garis dengan berbagai macam ketebalan, dan garis dengan berbagai macam warna.
Berikan penjelasan pada siswa bahwa akan ada beberapa jenis musik yang didengarkan bersama-sama.
Dengan menutup mata saat mendengarkan lagu tertentu, ajak siswa untuk membayangkan bagaimana bentuk garis yang terbentuk dengan irama tersebut. Variasikan dengan beberapa lagu lainnya.
Minta siswa untuk membuka mata. Perdengarkan kembali lagu-lagu tersebut, lalu ajak mereka untuk menggambarkannya di kertas. Persilakan anak untuk mengganti alat gambarnya, jika mereka merasa perlu menggantinya agar garis yang digambar sesuai dengan irama musik yang didengar
Let’s check this
5. Evaluasi
SBDP
Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna yang digunakan dalam pembelajaran
B. Indonesia
*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa .
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
Dapatkan link
Facebook
X
Pinterest
Email
Aplikasi Lainnya
Komentar
Postingan populer dari blog ini
PKN dan B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN : - Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia : -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik Mengenali , mengidentifi kasi dan menerapkan prinsip desain ( pola ) dalam sebuah karya . yaitu karya dua...
MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal : Kamis, 8 mei 2025 Sekolah : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P. Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA : Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5 : Mengu...
Komentar
Posting Komentar