Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal         : Jum'at, 17 Januari 2025
Sekolah                   : SD Al - Azhar 3
 Tema P5             :   Kewirausahaan
 *Capaian Penbelajaran P5 
  Peserta didik mampu memahami suatu potensi ekonomi dan peluang usaha di sekitar sekolah 
 *Tujuan Pembelajaran
    Peserta didik  dapat  mengidentifikasi potensi ekonomi dan peluang usaha di sekitar sekolah dengan baik dan benar
* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Tabik Pun 🙏🏻
Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness 😍
*Media Pembelajaran : Buku paket dan video
P5 
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). P5 adalah upaya untuk mewujudkan Pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yaitu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 
 
    P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Ini yang terkadang terjadi miskonsepsi dalam penerapan P5 di satuan pendidikan yang hanya berfokus pada hasil ataupun produk akhir dari setiap kegiatan P5 padahal proses setiap peserta didik dalam kegiatan P5 ini yang menjadi sangat penting. Alur dan proses yang dijalani setiap peserta didik dalam menyelesaikan masalah pada projek adalah hal utamanya.
    P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
 " Ecoprint   " 
    
    P5 merupakan program yang berperan dalam meningkatkan kesadaran siswa dan siswi tentangKewirausahaan Melalui tema Gaya Hidup Berkelanjutan, para siswa diajak untuk memahami dan menerapkan pola hidup yang sehat dan berkelanjutan dengan Tema : Ecoprint
 
Ecoprint adalah teknik pewarnaan kain yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan daun, bunga, dan tumbuhan alami untuk menciptakan motif unik dan artistik. Proses ini menggunakan pewarna alami dari tumbuhan yang langsung dipindahkan ke kain melalui teknik penekanan dan pemanasan. Sehingga menghasilkan pola yang beragam. 
Selain mendukung keberlanjutan lingkungan, ecoprint juga menawarkan keindahan yang natural dan autentik. Setiap hasil ecoprint bersifat unik karena pola dan warna yang dihasilkan dipengaruhi oleh jenis dan kondisi tanaman. Menjadikannya pilihan tepat bagi pecinta fashion yang peduli akan lingkungan dan estetika natural. Biasanya kain ecoprint dijadikan sebagai bahan pembuatan pakaian, tas, dompet, syal, dan lain sebagainya.
"Teknik Pounding" dalam meronce
Bentangkan kain di atas meja.
Tempelkan daun-daunan dan bunga diatas kain.
Pukul perlahan menggunakan palu hingga warna daun dan bunga menempel pada kain.
Angkat daun-daunan dan bunga perlahan.
Jemur kain hingga kering.
Rendam kain dalam campuran air tawas.
Jemur kain hingga kering.
Kain ecoprint sudah selesai dibuat.
-  
 
 4, Contoh Soal
Yuk kita buat ecoprint berikut 
1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", 
https://tirto.id/gyCS1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", 
https://tirto.id/gyCS1. 3 + 5 = a. 7 b. 6 c. 8 2. Delapan ditambah enam sama dengan . . . a. Empat belas b. Dua belas c. Tiga belas 3. Di dalam kandang ada 17 ekor ayam. Paman menjual 8 ekor ayam. Jumlah ayam paman sekarang adalah . . . ekor. a. 10 b. 9 c. 8
Baca selengkapnya di artikel "Contoh Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka dan Jawaban", 
https://tirto.id/gyCS
5.  Evaluasi   
💫 Kerjakan soal berikut dengan benar!  💫
 
🌼 Sebutkan bahan bahan membuat ecoprint?
 
Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk ecoprint antara lain:, kain, palu kayu, bubuk tawas, plastik Biji-bijian, Kertas, Bunga, daun daunan.  Selain bahan-bahan tersebut, Anda juga bisa membeli paket bahan ecoprint yang sudah lengkap, seperti:
- Paket ecoprint kain, bubuk tawas plastik dan palu kayu
 - Set kain dan palu kayu
 - Set paket ecoprint anak DIY kit
 - Manik bulat pastel kilap mote susu kilap
 - Clay resin karakter Sanrio 
 
Ecoprint adalah kegiatan membuat karya dari bentuk benda dengan menggunakan seutas benang. Hasil dari kegiatan meronce dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti perhiasan, hiasan jendela, dan alat ibadah. 
6. Penutup
    Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran Kesimpulan P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas 
  Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami  Jangan lupa untuk pembelajaraan di hari esok 13 Januari 2025 dengan materi pembelajaran bahasa  indonesia dan matematika 
 
 
Komentar
Posting Komentar