MATEMATIKA dan P5
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : Kamis, 16 Januari 2024
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : MATEMATIKA dan P5
*Capaian Pembelajaran MATEMATIKA :
P. Mengetahui kapan perkalian digunakan dan memahami pengertian perkalian dengan cara mengungkapkannya ke dalam sebuah kalimat matematika perkalian kemudian membaca kalimat matematikanya
*Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA :
Memperdalam pemahaman siswa tentang perkalian dan cara menggunakannya
Mengalikan dua bilangan dan Menemukan sifat-sifat penjumlahan dan menerapkannya
*Capaian Pembelajaran P5 :
Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait
*Tujuan Pembelajaran P5 :
Menguatkan profil pelajar Pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada makanan tradisional
* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning my lovely students. How are you this morning?
* Materi Ajar:
Matematika
§  Ayo menyelidiki masalah pada cerita tersebut dengan detail. o  Hal apa yang ditanyakan dan diketahui. o  Apakah soal tersebut termasuk penjumlahan atau pengurangan. o  Diskusikan situasi yang serupa dengan soal pada pengalaman sehari-hari. o  Tegaskan bahwa jawaban dari 13 + 24 adalah banyaknya semua peserta didik.  §  Kalimat matematika yang sesuai dan mengapa memilih kalimat matematika tersebut? ¨ Berikan pemahaman kepada peserta didik tentang bentuk penjumlahan dengan menggunakan gambar, diagram, kelereng, atau balok Dienes. §  Ada berapa banyaknya semua peserta didik? ¨ Peserta didik melakukan kegiatan mandiri untuk balok Dienes (balok puluhan dan satuan) sedemikian rupa, sehingga jawaban 13 + 24 dapat diketahui dengan melihat hasil susunan tersebut. ¨ Bandingkan banyaknya semua peserta didik dengan kapasitas bus, apakah bus cukup untuk mengangkut semua peserta didik atau tidak.  
  | 
*Evaluasi:
Materi ajar P5:
* Materi Ajar
P5
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
Hal utama yang jadi fokus dalam P5 adalah proses pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar dan bukan semata hasil atau produk,
Baca artikel detikedu, "P5 dalam Kurikulum Merdeka: Pengertian, Prinsip, dan Manfaat" selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6624332/p5-dalam-kurikulum-merdeka-pengertian-prinsip-dan-manfaat.
Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/
                                  
P5 menjadi salah satu sarana pencapaian profil Pelajar Pancasila, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan belajar dari lingkungan sekitar. Untuk program P5 SD Al Azhar 3 yaitu
- Melatih motorik halus, terutama pada tangan 
 - Melatih koordinasi antara mata dan tangan 
 - Melatih kesabaran dan fokus 
 - Melatih kreativitas 
 - Membantu anak mengenal bentuk, warna, dan ukuran 
 - Membantu anak mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan kerjasama
 
- Paket meronce full silver + tang 3in1 senar
 - Set pengait besi bonus kotak
 - Set paket meronce anak DIY kit manik mote cincin gelang strap phone
 - Manik bulat pastel kilap mote susu kilap
 - Clay resin karakter Sanrio 
 
6. Penutup
Kesimpulan pembelajaran hari ini pembelajaran Kesimpulan P5 adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. P5 menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas.





Komentar
Posting Komentar