MATEMATIKA dan P5
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : Kamis, 3 Oktober 2024
Sekolah : SD Al - Azhar 3
Mata Pelajaran : MATEMATIKA dan P5
*Capaian Pembelajaran MATEMATIKA :
P. Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan memiliki Intuisi bilangan (number sens) pada bilangan Cacah sampai 100, Termasuk melakukan komposisi (menyusun) dan Dekomposisi (mengurai) bilangan tersebut
*Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA :
Memperdalam pemahaman siswa tentang penjumlahan dan cara menggunakannya
Menjumlahkan dua bilangan tiga angka dengan menggunakan penjumlahan bersusun
Menemukan sifat-sifat penjumlahan dan menerapkannya
*Capaian Pembelajaran P5 :
Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait
*Tujuan Pembelajaran P5 :
Menguatkan profil pelajar Pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada makanan tradisional
* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Good morning my lovely students. How are you this morning?
* Materi Ajar:
Matematika
§  Ayo menyelidiki masalah pada cerita tersebut dengan detail. o  Hal apa yang ditanyakan dan diketahui. o  Apakah soal tersebut termasuk penjumlahan atau pengurangan. o  Diskusikan situasi yang serupa dengan soal pada pengalaman sehari-hari. o  Tegaskan bahwa jawaban dari 13 + 24 adalah banyaknya semua peserta didik.  §  Kalimat matematika yang sesuai dan mengapa memilih kalimat matematika tersebut? ¨ Berikan pemahaman kepada peserta didik tentang bentuk penjumlahan dengan menggunakan gambar, diagram, kelereng, atau balok Dienes. §  Ada berapa banyaknya semua peserta didik? ¨ Peserta didik melakukan kegiatan mandiri untuk balok Dienes (balok puluhan dan satuan) sedemikian rupa, sehingga jawaban 13 + 24 dapat diketahui dengan melihat hasil susunan tersebut. ¨ Bandingkan banyaknya semua peserta didik dengan kapasitas bus, apakah bus cukup untuk mengangkut semua peserta didik atau tidak.  
  | 
*Evaluasi:
Materi ajar P5:
Guru mencari informasi terlebih dahulu mengenai makanan tradisional yang memilik nilai kearifan
lokal dan biasa digunakan dalam berbagai macam kegiatan adat.
2) Guru menyiapkan lembar plus delta sebagai pembanding antara makanan modern dengan makanan
                       tradisional.
3)                  Guru menyiapkan beberapa contoh makanan modern dengan makanan tradisional.



Komentar
Posting Komentar