Langsung ke konten utama

  

MATEMATIKA dan P5


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Kamis, 3 Oktober 2024

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5


*Capaian Pembelajaran MATEMATIKA :

P.   Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan memiliki Intuisi bilangan (number sens) pada bilangan Cacah sampai 100, Termasuk melakukan komposisi (menyusun) dan Dekomposisi (mengurai) bilangan tersebut

*Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA : 

Memperdalam pemahaman siswa tentang penjumlahan dan cara menggunakannya

Menjumlahkan dua bilangan tiga angka dengan menggunakan penjumlahan bersusun

Menemukan sifat-sifat penjumlahan dan menerapkannya


*Capaian Pembelajaran P5 :

Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait

*Tujuan Pembelajaran P5 : 

Menguatkan profil pelajar Pancasila melalui pemahaman nilai kearifan lokal pada makanan tradisional


* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍


*Media Pembelajaran : Buku paket dan video

* Materi Ajar:

Matematika



§  Ayo menyelidiki masalah pada cerita tersebut dengan detail.

o  Hal apa yang ditanyakan dan diketahui.

o  Apakah soal tersebut termasuk penjumlahan atau pengurangan.

o  Diskusikan situasi yang serupa dengan soal pada pengalaman sehari-hari.

o  Tegaskan bahwa jawaban dari 13 + 24 adalah banyaknya semua peserta didik. 


§  Kalimat matematika yang sesuai dan mengapa memilih kalimat matematika tersebut?

¨ Berikan pemahaman kepada peserta didik tentang bentuk penjumlahan dengan menggunakan gambar, diagram, kelereng, atau balok Dienes.


§  Ada berapa banyaknya semua peserta didik?

¨ Peserta didik melakukan kegiatan mandiri untuk balok Dienes (balok puluhan dan satuan) sedemikian rupa, sehingga jawaban 13 + 24 dapat diketahui dengan melihat hasil susunan tersebut.

¨ Bandingkan banyaknya semua peserta didik dengan kapasitas bus, apakah bus cukup untuk mengangkut semua peserta didik atau tidak. 

 




 *Evaluasi:







Materi ajar P5:




           Guru mencari informasi terlebih dahulu mengenai makanan tradisional yang memilik nilai kearifan 

            lokal         dan biasa digunakan dalam berbagai macam kegiatan adat.

2)                  Guru menyiapkan lembar plus delta sebagai pembanding antara makanan modern dengan makanan   

                       tradisional.

3)                  Guru menyiapkan beberapa contoh makanan modern dengan makanan tradisional.

                (Kemudianpeserta didik mengerjakan lambar projec lkpd, menggunting dan menempel makanan 
                 tradisional dan nama nya pada lembar yang di berika guru)


Evaluasi

*Matematika

Peserta didik diberikan latihan soal essay mengenai penjumlahan  menurun panjang dan sederhana yaitu:

1).
2).


*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...