Langsung ke konten utama

 

B. Indonesia dan SBDP



بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Rabu, 30 Oktober 2024

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     : B. Indonesia dan SBDP

*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :

-Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.

-Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi 

-Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

-Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari

*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia : 

-Melalui Membaca Peserta didik dapat membedakan informasi yang bersifat fakta dan opini pada cerita

-Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat  Beberapa kalimat berisi informasi menggunakan kata kunci sesuai topik

-Melalui berdiskusi bersama teman peserta didik dapat melaksanakan kesepakatan giliran berbicara menanggapi komentar dan bertanya tentang tugas dalam keluarga masing-masing


*Capaian Pembelajaran SBDP :

Peserta didik memberikan respons terhadap kejadian sehari-hari dan keadaan lingkungan sekitar melalui karya seni musik yang memberi dampak positif bagi dirinya

*Tujuan Pembelajaran SBDP : 

Mampu bernyanyi secara mandiri dan bersama lagu nasional guna membangun rasa nasionalisme. Mampu bernyanyi lagu daerah secara mandiri dan bersama. Menemukan perbedaan lagu nasional dan lagu daerah dengan tepat. Membuat kategori lagu nasional dan lagu daerah berdasarkan pada lirik lagu


* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu


*Media Pembelajaran : Buku paket dan video

* Materi Ajar:

B. Indonesia: 


kegiatan inti 

1)    Bimbing peserta didik untuk membaca cerita Noken kebanggaan kami



2)    Tanyakan kepada peserta didik tentang arti kata merajut mengurai memilin

“Apa yang dapat kalian  Tau merajut?”

3)    Peserta didik melakukan tanya jawab dengan guru;

4)     Jelaskan definisi kata kata tersebut menurut KBBI

Merajut: membuat Rajut

Mengurai: menjadikan lapas terbuka, melonggarkan

Memilin: memintal dengan jari atau telapak tangan, menjepit dengan jari, lalu memutar



           5)   Peserta didik Diminta untuk mau memperhatikan video


Mintalah peserta didik untuk membaca ulang cerita Noken kebanggaan kami lalu mencari satu kalimat aktif dan satu kalimat pasif





SBDP:


1.       Guru membuka kegiatan dengan aktifitas rutin kelas, sesuai kesepakatan kelas ( menyapa, berdoa, dan mengecek kehadiran ).

2.       Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.

3.       Mengondisikan peserta didik baik fisik maupun mental untuk siap melaksanakan pembelajaran.

4.       Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapai cita-cita

5.       Guru melakukan apersepsi dan mengingatkan pembelajaran sebelumnya

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.




  • Siapkan kertas. Sediakan berbagai macam alat gambar yang dapat dipilih oleh anak. Jenisnya usahakan beragam, dari yang bisa membuat garis dengan berbagai macam ketebalan, dan garis dengan berbagai macam warna.
  • Berikan penjelasan pada siswa bahwa akan ada beberapa jenis musik yang didengarkan bersama-sama.
  • Dengan menutup mata saat mendengarkan lagu tertentu, ajak siswa untuk membayangkan bagaimana bentuk garis yang terbentuk dengan irama tersebut. Variasikan dengan beberapa lagu lainnya.
  • Minta siswa untuk membuka mata. Perdengarkan kembali lagu-lagu tersebut, lalu ajak mereka untuk menggambarkannya di kertas. Persilakan anak untuk mengganti alat gambarnya, jika mereka merasa perlu menggantinya agar garis yang digambar sesuai dengan irama musik yang didengar




Let’s check this 






5.  Evaluasi  
SBDP


Peserta didik membuat karya seni rupa menggunakan hasil pengamatannya terhadap lingkungan sekitar, menggunakan unsur garis, bentuk, dan/atau warna yang digunakan dalam pembelajaran



        B. Indonesia



*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa . 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...