Langsung ke konten utama

 

B. Indonesia dan 

SBDP


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal         : Rabu, 2 Oktober 2024

Sekolah                   : SD Al - Azhar 3

Mata Pelajaran     :  B. Indonesia dan SBDP


*Capaian Pembelajaran B. Indonesia :

-Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.

-Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi 

-Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

-Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari

*Tujuan Pembelajaran B. Indonesia : 

-Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan 'di' sebagai kata depan dan kata kerja dengan tepat

-Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana


*Capaian Pembelajaran SBDP :

Peserta didik mampu membentuk persepsi dan menggambarkan kualitas garis (misalnya tebal, tipis atau rapat, renggang) dengan cara menghubungkannya dengan suara atau gerakan tertentu. Mereka kemudian membuat gambar menggunakan berbagai macam garis sebagai bentuk respon terhadap musik tertentu.

*Tujuan Pembelajaran SBDP : 

·      Siswa mampu merasakan arah dan gerakan yang direpresentasikan oleh garis.

             Siswa mengeksplorasi garis dalam hubungannya dengan musik dan perasaan.


* Apersepsi

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

Masi ingatkah kalian tentang materi yang  sudah kita bahas  kemarin  yaitu


*Media Pembelajaran : Buku paket dan video

* Materi Ajar:

B. Indonesia: 


kegiatan inti 


Let’s check this video 
 

                                      



                                        

Peserta didik mengerjakan tes sumatif bab 3:


Sumatif  3

      

1). Apakah pengertian dari tempat umum.....

2). Bagaimana cara menyebrang yang aman......

3). Pasar adalah tempat orang bertransakasi, pasar adalah tempat....

4). Buatlah kalimat yang menggunakan tanda seru (kalimat perintah).....

5). Aku adalah batas antara daratan dan lautan, aku punya banyak pasir, orang tidak mengunjungiku untuk



     berekreasi, apakah aku.....

6). Apakah arti dari rambu-rambu pada gambar di samping......       


           

7). Salah satu contoh perbuatan yang merupakan kebiasaan buruk dirumah adalah......

8). Sebutkan benda-benda di dalam rumah yang bisa saja berbahaya......

9). Buatlah kalimat yang menggunakan kata “di sekolah”.....

10). Gambarlah lampu lalu lintas yang pernah kalian lihat!......



Materi SBDP


1.       Guru membuka kegiatan dengan aktifitas rutin kelas, sesuai kesepakatan kelas ( menyapa, berdoa, dan mengecek kehadiran ).

2.       Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa.

3.       Mengondisikan peserta didik baik fisik maupun mental untuk siap melaksanakan pembelajaran.

4.       Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapai cita-cita

5.       Guru melakukan apersepsi dan mengingatkan pembelajaran sebelumnya

Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.





  • Siapkan kertas. Sediakan berbagai macam alat gambar yang dapat dipilih oleh anak. Jenisnya usahakan beragam, dari yang bisa membuat garis dengan berbagai macam ketebalan, dan garis dengan berbagai macam warna.
  • Berikan penjelasan pada siswa bahwa akan ada beberapa jenis musik yang didengarkan bersama-sama.
  • Dengan menutup mata saat mendengarkan lagu tertentu, ajak siswa untuk membayangkan bagaimana bentuk garis yang terbentuk dengan irama tersebut. Variasikan dengan beberapa lagu lainnya.
  • Minta siswa untuk membuka mata. Perdengarkan kembali lagu-lagu tersebut, lalu ajak mereka untuk menggambarkannya di kertas. Persilakan anak untuk mengganti alat gambarnya, jika mereka merasa perlu menggantinya agar garis yang digambar sesuai dengan irama musik yang didengar.



5.  Evaluasi  
SBDP


Demonstrasi

Siswa menunjukan penguasaannya mengenai suatu topik atau kemampuannya mengerjakan suatu keterampilan tertentu di depan audiens tertentu (misalnya kelas, sekolah atau umum). Audiens dapat memberikan umpan balik terhadap tampilan tersebut.


       



*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...