Langsung ke konten utama

 

PKN dan B. Indonesia

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal        : Selasa, 24 September 2024

Sekolah                  : SD 3 Al - Azhar

Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

*Media Pembelajaran           : Gambar dan Vidio

*Capaian Pembelajaran :

PKN : 

- Peserta didik Dapat mengenali simbol simbol Pancasila dan lambang negara garuda Pancasila serta menceritakan hubungan simbol simbol Pancasila dengan sila sila dalam Pancasila

-  Peserta didik juga dapat mengidentifikasi tugas dan peran dirinya dalam kegiatan bersama ia dapat mengidentifikasi hal-hal yang dianggap berharga dan penting bagi dirinya dan orang lain serta mulai bertanggung jawab untuk menjaga hal yang berharga dan penting bagi dirinya tersebut. Selain itu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kesehariannya sesuai dengan perkembangan dan konteks peserta didik

B. Indo :

-Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.

-Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi 

-Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

-Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

 

*Tujuan Pembelajaran : 

PKN :

- Melalui pengamatan gambar menyimak video, membaca teks, tanya jawab, bercerita, games pohon Pancasila, bermain peran, dan diskusi kelompok, tentang nilai-nilai Pancasila peserta didik dapat memutuskan nilai-nilai yang sesuai Pancasila sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan baik.


B. Indonesia : 

Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan Tempat berbicara

- Melalui membaca informasi peserta didik dapat menyimpulkan Penggunaan Tanda seru (!) Dalam bacaan


* Apersepsi


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


* Materi Ajar 

PKN



 Peserta didik diberikan pertanyaan,

“Perbuatan baik apakah yang telah kalian perbuat kepada orang lain tadi pagi ?”

"Apakah perbuatan itu sesuai nilai-nilai Pancasila?"

 

Kemudian Peserta didik diarahkan untuk membaca bacaan yang berjudul, “Salah Seragam


 

Sebagai falsafah bangsa Indonesia, Pancasila akan selalu berdiri tegak. Nilai - nilai yang terdapat dalam sila-sila Pancasila, merupakan pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 


B. Indonesia


kemudian bacalah dan kerjakan sesuai perintah



·  Minta peserta didik menuliskan dua kalimat perintah di buku tulis.

 

 


·    Bacakan cerita 4T dengan nyaring. Pastikan intonasi Anda terdengar jelas ketika membaca.

·      Tekankan perbedaan dalam mengucapkan kalimat tanya, kalimat seru, dan kalimat pernyataan.

 

 


*Evaluasi:

Contoh soal menulis kalimat sederhana

Peserta didik diminta menulis namanya.

Peserta didik diminta menulis warna kesukaannya dengan kalimat lengkap,

misalnya: Aku suka warna biru.

Contoh soal membaca kalimat sederhana

Aku senang main sepeda.

Adik kalian berapa orang?*



*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...