PKN dan B. Indonesia
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم
Hari/Tanggal : Senin, 23 September 2024
Sekolah : SD 3 Al - Azhar
Mata Pelajaran : PKN dan B. Indonesia
Tabik Pun 🙏🏻Good morning my lovely students. How are you this morning?
Hopely you are healthy and happiness 😍
*Media Pembelajaran : Gambar dan Vidio*Capaian Pembelajaran :
PKN :
- Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
- Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
- Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
B. Indo :
-Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.
-Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati
dengan bantuan ilustrasi.
-Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan
volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
-Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks
rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau
didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
PKN :
- Peserta didik dapat memahami aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
- peserta didik dapat mengidentifikasi aturan di rumah sehingga dengan bimbingan orang tua dan guru
dapat melaksanakannya dengan baik.
B. Indonesia :
- Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara;
* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
* Materi Ajar
PKN
Peserta didik diberikan pertanyaan,
“Apa yang dapat kalian ceritakan dari gambar tersebut ?”
Peserta didik melakukan tanya jawab dengan guru;
Kemudian Peserta didik diarahkan untuk membaca bacaan yang berjudul, “Salah Seragam”
Sebagai falsafah bangsa Indonesia, Pancasila akan selalu berdiri tegak. Nilai - nilai yang terdapat dalam sila-sila Pancasila, merupakan pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
B. Indonesia
- Apa yang sedang dilakukan oleh kedua anak tersebut?
- Disebut apakah garis-garis yang ada di jalan?
- Pernahkah kalian menyeberangi jalan?
· Minta peserta didik bergantian membaca cerita 4T dengan seorang teman.
· Bacakan cerita 4T dengan nyaring. Pastikan intonasi Anda terdengar jelas ketika membaca.
· Tekankan perbedaan dalam mengucapkan kalimat tanya, kalimat seru, dan kalimat pernyataan.
*Evaluasi:No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.
Saya yakin pengetahuan dan keterampilan bertambah
2.
Saya terlibat aktif dalam pembelajaran
3.
Saya antusias mengikuti pembelajaran dari guru
4.
Saya memahami materi yang diajarkan guru
5.
Saya kesulitan ketika mengikuti pembelajaran dari guru
6.
Saya akan lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya
*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :
Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi PKN Tentang aturan di lingkungan keluarga dan sekolah dan B.Indonesia tentang berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami materi berbicara dengan volume tepat, sehingga memerlukan bantuan ketika sumatif berlangsung. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru memberikan sedikit bantuan dari menggambar pengetahuan berbicara dengan volume tepat.. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi . Untuk PKN alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan baik.
Hari/Tanggal : Senin, 23 September 2024
Sekolah : SD 3 Al - Azhar
Mata Pelajaran : PKN dan B. Indonesia
Good morning my lovely students. How are you this morning?
*Capaian Pembelajaran :
PKN :
- Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
- Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
- Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.
B. Indo :
-Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.
-Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati
dengan bantuan ilustrasi.
-Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan
volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
-Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks
rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau
didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran :
PKN :
- Peserta didik dapat memahami aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
- peserta didik dapat mengidentifikasi aturan di rumah sehingga dengan bimbingan orang tua dan guru
dapat melaksanakannya dengan baik.
B. Indonesia :
- Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara;
* Apersepsi
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
* Materi Ajar
PKN
Peserta didik diberikan pertanyaan,
“Apa yang dapat kalian ceritakan dari gambar tersebut ?”
Peserta didik melakukan tanya jawab dengan guru;
Kemudian Peserta didik diarahkan untuk membaca bacaan yang berjudul, “Salah Seragam”
Sebagai falsafah bangsa Indonesia, Pancasila akan selalu berdiri tegak. Nilai - nilai yang terdapat dalam sila-sila Pancasila, merupakan pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
B. Indonesia
- Apa yang sedang dilakukan oleh kedua anak tersebut?
- Disebut apakah garis-garis yang ada di jalan?
- Pernahkah kalian menyeberangi jalan?
· Minta peserta didik bergantian membaca cerita 4T dengan seorang teman.
· Bacakan cerita 4T dengan nyaring. Pastikan intonasi Anda terdengar jelas ketika membaca.
· Tekankan perbedaan dalam mengucapkan kalimat tanya, kalimat seru, dan kalimat pernyataan.
No. | Pernyataan | Ya | Tidak |
1. | Saya yakin pengetahuan dan keterampilan bertambah |
|
|
2. | Saya terlibat aktif dalam pembelajaran |
|
|
3. | Saya antusias mengikuti pembelajaran dari guru |
|
|
4. | Saya memahami materi yang diajarkan guru |
|
|
5. | Saya kesulitan ketika mengikuti pembelajaran dari guru |
|
|
6. | Saya akan lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya |
|
|








Komentar
Posting Komentar