Langsung ke konten utama

 

PKN dan B. Indonesia

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم


Hari/Tanggal        : Senin, 23 September 2024

Sekolah                  : SD 3 Al - Azhar

Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia



Tabik Pun 🙏🏻

Good morning my lovely students. How are you this morning?

Hopely you are healthy and happiness 😍

*Media Pembelajaran           : Gambar dan Vidio

*Capaian Pembelajaran :

PKN : 

- Peserta didik mampu mengenal aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. 

- Peserta didik mampu menceritakan contoh sikap mematuhi dan tidak mematuhi aturan di keluarga dan sekolah. 

- Peserta didik mampu menunjukkan perilaku mematuhi aturan di keluarga dan sekolah.

B. Indo :

-Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.

-Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati

 dengan bantuan ilustrasi.

-Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan

  volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.

-Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks

  rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau

 didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

 

Tujuan Pembelajaran : 

PKN :

- Peserta didik dapat memahami aturan di lingkungan keluarga dan sekolah. 

peserta didik dapat mengidentifikasi aturan di rumah sehingga dengan bimbingan orang tua dan guru 

    dapat  melaksanakannya dengan baik.


B. Indonesia : 

Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan         tempat berbicara;

* Apersepsi


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


* Materi Ajar 

PKN


 Peserta didik diberikan pertanyaan,

“Apa yang dapat kalian ceritakan dari gambar tersebut ?”

Peserta didik melakukan tanya jawab dengan guru;

 

Kemudian Peserta didik diarahkan untuk membaca bacaan yang berjudul, “Salah Seragam


 

Sebagai falsafah bangsa Indonesia, Pancasila akan selalu berdiri tegak. Nilai - nilai yang terdapat dalam sila-sila Pancasila, merupakan pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 


B. Indonesia


-   Apa yang sedang dilakukan oleh kedua anak tersebut?

-   Disebut apakah garis-garis yang ada di jalan?

-    Pernahkah kalian menyeberangi jalan?

 



·   Minta peserta didik bergantian membaca cerita 4T dengan seorang teman.

 

 


 

 

·    Bacakan cerita 4T dengan nyaring. Pastikan intonasi Anda terdengar jelas ketika membaca.

·      Tekankan perbedaan dalam mengucapkan kalimat tanya, kalimat seru, dan kalimat pernyataan.

 

 


*Evaluasi:

No.

Pernyataan

Ya

Tidak

1.

Saya yakin pengetahuan dan keterampilan bertambah

 

 

2.

Saya terlibat aktif dalam pembelajaran

 

 

3.

Saya antusias mengikuti pembelajaran dari guru

 

 

4.

Saya memahami materi yang diajarkan guru

 

 

5.

Saya kesulitan ketika mengikuti pembelajaran dari guru

 

 

6.

Saya akan lebih aktif dalam pembelajaran berikutnya

 

 



*REFLEKSI / KESIMPULAN PEMBELAJARAN :

Berdasarkan hasil pembelajaran pada hari ini dapat diketahui bahwa sebagian besar peserta didik sudah mampu memahami materi PKN Tentang aturan di lingkungan keluarga dan sekolah dan B.Indonesia tentang  berbicara dengan volume yang tepat sesuai konteks dan tempat berbicara. Namun masih ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami materi berbicara dengan volume tepat, sehingga memerlukan bantuan ketika sumatif berlangsung. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru memberikan sedikit bantuan dari menggambar pengetahuan berbicara dengan volume tepat.. Sehingga peserta didik akan lebih paham dan mudah memahami materi . Untuk PKN alhamdulillah semua berjalan dengan lancar dan baik.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

                      PKN dan  B. Indonesia بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Selasa, 6 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran PKN : - Peserta didik mampu mengenal cara menyayangi lingkungan rumah dan sekolah. Peserta didik mampu menceritakan contoh menjaga lingkungan di sekitar. *Tujuan Pembelajaran PKN  :  -  Melalui menyimak informasi, peserta didik dapat mengingat dan menyebutkan informasi ku ci pada tesk yang dibacakan dengan tepat - Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalamnya *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata ya...
            B. Indonesia dan SBDP بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal         : Rabu, 7 Mei 2025 Sekolah                        : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran     : PKN dan B. Indonesia *Capaian Pembelajaran B. Indonesia : Melalui membaca, peserta didik dapat menjelaskan informasi yang ada di dalamnya; Melalui membaca bersama guru, peserta didik dapat membaca kata-kata yang sering ditemui sehari-hari. *Tujuan Pembelajaran B. Indonesia  :  -Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menuliskan kalimat dengan tanda baca koma  -Melalui menulis, Peserta didik dapat membuat cerita hobinya dengan struktur awal tengah dan akhir yang sederhana *Capaian Pembelajaran SBDP : Peserta didik  Mengenali ,  mengidentifi kasi dan  menerapkan prinsip   desain ( pola )  dalam  sebuah   karya . yaitu karya dua...
              MATEMATIKA dan P5 بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم Hari/Tanggal          : Kamis, 8 mei  2025 Sekolah                      : SD Al - Azhar 3 Mata Pelajaran      : MATEMATIKA dan P5 *Capaian Pembelajaran MATEMATIKA : P.    Peserta didik menunjukkan pemahaman diagram sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari *Tujuan Pembelajaran MATEMATIKA  :  Mengenali makna dan menggunakan representasi bilangan diagram yang digunakan dalam kehidupan sehari hari. *Capaian Pembelajaran P5 : Peserta didik diharapkan mampu mengembangkan tiga dimensi dari profil pelajar Pancasila yaitu kemandirian gotong royong dan ber kebinekaan global beserta elemen-elemen yang terkait *Tujuan Pembelajaran P5  :  Mengu...